Mengenal Pentingnya Kelenjar Adrenal

Kelenjar adrenal menghasilkan hormon yang membantu mengatur metabolisme, sistem kekebalan tubuh, tekanan darah, respons terhadap stres.

Kelenjar adrenal yang juga dikenal sebagai kelenjar suprarenal adalah kelenjar kecil berbentuk segitiga yang terletak di atas kedua ginjal Anda. Kelenjar adrenal menghasilkan hormon yang membantu Anda mengatur metabolisme, sistem kekebalan tubuh, tekanan darah, respons terhadap stres dan fungsi penting lainnya.

Kelenjar adrenal sendiri terdiri dari dua bagian, yaitu korteks dan medula yang masing-masing bertanggung jawab untuk memproduksi hormon yang berbeda. Korteks adrenal dan medula adrenal diselimuti kapsul adiposa yang membentuk lapisan pelindung di sekitar kelenjar adrenal.

  • Korteks adrenal

Korteks adrenal daerah terluar dan juga bagian terbesar dari kelenjar adrenal. Bagian ini dibagi menjadi tiga zona terpisah: zona glomerulosa, zona fasciculata dan zona reticularis. Setiap zona bertanggung jawab untuk memproduksi hormon spesifik.

Hormon kunci yang diproduksi oleh korteks adrenal meliputi:

  1. Kortisol

Kortisol adalah hormon glukokortikoid yang diproduksi oleh zona fasciculata yang memainkan beberapa peran penting dalam tubuh Anda. Kortisol membantu mengontrol penggunaan lemak, protein, dan karbohidrat tubuh; menekan peradangan; mengatur tekanan darah; meningkatkan gula darah; dan juga bisa mengurangi pembentukan tulang.

Selain itu kortisol juga mengendalikan siklus tidur dan bangun. Hormon ini dilepaskan selama masa stres untuk membantu tubuh Anda mendapatkan dorongan energi dan lebih baik menangani situasi darurat.

  1. Aldosteron

Hormon mineralokortikoid yang diproduksi oleh zona glomerulosa ini memainkan peran sentral dalam mengatur tekanan darah dan elektrolit tertentu (natrium dan kalium). Aldosterone mengirimkan sinyal ke ginjal Anda, sehingga ginjal menyerap lebih banyak natrium ke dalam aliran darah dan melepaskan kalium ke dalam urin. Aldosteron juga membantu mengatur pH darah dengan mengendalikan kadar elektrolit dalam darah.

  1. DHEA dan Steroid Androgenik

Hormon-hormon ini diproduksi oleh zona reticularis adalah hormon pria yang lemah.  Mereka adalah hormon prekursor yang diubah di ovarium menjadi hormon wanita (estrogen) dan di testis menjadi hormon pria (androgen).  Namun, estrogen dan androgen diproduksi dalam jumlah yang jauh lebih besar oleh ovarium dan testis.

  • Medula adrenal 

Medula adrenal terletak di dalam korteks adrenal di pusat kelenjar adrenal. Bagian ini menghasilkan “hormon stres,” hormon utama yang disekresikan oleh medula adrenal termasuk epinefrin (adrenalin) dan norepinefrin (noradrenalin), yang memiliki fungsi serupa.

Selain itu, hormon-hormon ini mampu meningkatkan detak jantung dan kekuatan kontraksi jantung Anda, meningkatkan aliran darah ke otot dan otak, melemaskan otot-otot jalan napas halus, dan membantu metabolisme glukosa (gula) Anda. Mereka juga mengontrol tekanan pembuluh darah (vasokonstriksi), membantu menjaga tekanan darah dan meningkatkannya sebagai respons terhadap stres.

Epinefrin dan norepinefrin sering diaktifkan dalam situasi stres secara fisik dan emosional ketika tubuh Anda membutuhkan sumber daya dan energi tambahan untuk menahan ketegangan yang tidak biasa.

Penyakit Pada Kelenjar Adrenal 

Hal umum yang sering terjadi saat kelenjar adrenal menyebabkan masalah kesehatan adalah dengan memproduksi terlalu sedikit atau terlalu banyak hormon tertentu, yang menyebabkan ketidakseimbangan hormon.  Kelainan fungsi adrenal ini dapat disebabkan oleh berbagai penyakit kelenjar adrenal atau kelenjar pituitari.

  • Ketidakcukupan adrenal

Insufisiensi adrenal ditandai oleh rendahnya kadar hormon adrenal pada tubuh Anda.

  • Hiperplasia adrenal bawaan

Insufisiensi adrenal juga dapat terjadi akibat kelainan genetik yang disebut hiperplasia adrenal kongenital.

  • Kelenjar adrenal yang terlalu aktif

Kadang-kadang, kelenjar adrenal dapat mengembangkan nodul yang menghasilkan terlalu banyak hormon tertentu pada tubuh Anda.

  • Kelebihan kortisol: Sindrom Cushing

Sindrom Cushing disebabkan oleh produksi kortisol yang berlebihan dari kelenjar adrenal Anda.

  • Kelebihan aldosteron: Hiperaldosteronisme

Hiperaldosteronisme disebabkan oleh kelebihan produksi aldosteron dari satu atau kedua kelenjar adrenal Anda.

  • Kelebihan adrenalin atau noradrenalin: Pheochromocytoma

Pheochromocytoma adalah tumor yang menghasilkan kelebihan produksi adrenalin atau noradrenalin oleh medula adrenal yang sering terjadi pada semburan.

  • Kanker adrenal

Kelenjar adrenal Anda dan hormon yang dihasilkannya, sangat penting untuk kesehatan. Jika Anda didiagnosis menderita kelainan kelenjar adrenal, penting untuk mengikuti rencana perawatan yang ditentukan oleh dokter Anda.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>