Mengenal Misteri Lesung Pipi

Apakah Anda memiliki lesung pipi? Pemanis wajah ini adalah lekukan kecil yang dapat ditemukan di salah satu atau kedua sisi pipi. Dikenal dengan istilah “dimple”, lekukan kecil ini tidak hanya ditemukan di pipi, tetapi juga dapat muncul di dagu dan punggung bawah. Mungkin Anda sudah memperhatikan bahwa tidak semua orang memiliki lesung pipi. Hal ini dikarenakan lesung pipi terbentuk karena adanya perbedaan pada otot dan kulit wajah. Bahkan, lesung pipi sering dianggap sebagai kondisi keturunan, dan secara genetis dianggap sebagai ciri yang dominan. Namun, banyak perdebatan mengenai hal tersebut.

Bagaimana lesung pipi terbentuk?

Lesung pipi terkadang disebabkan karena adanya perubahan di otot wajah yang disebut zygomaticus major. Otot ini memegang peran penting dalam ekspresi wajah. Otot ini membantu mengangkat sudut mulut ketika Anda sedang tersenyum. Pada orang-orang yang tidak memiliki lesung pipi, otot zygomaticus major bermula dari tulang yang ada di pipi dan disebut tulang zygomatic. Otot ini kemudian turun ke bawah dan menyambung ujung mulut Anda. Pada orang-orang dengan lesung pipi, otot zygomaticus major terbagi ke dalam dua ikatan otot saat turun ke mulut. Satu ikatan bersambungan dengan ujung mulut, sementara ikatan lainnya berhubungan dengan mulut dan kulit di atasnya. Percabangan otot ini disebut dengan otot zygomaticus major ganda. Pergerakan kulit di atas zygomaticus major ganda saa Anda tersenyum akan membuat lesung pipi terbentuk. Karena lesung pipi merupakan hasil dari variasi otot yang terbentuk saat perkembangan janin, kondisi ini sering dianggap sebagai cacat bawaan lahir. Penting untuk diingat bahwa lesung pipi merupakan hal yang biasa terjadi, dan tidak memiliki efek negatif terhadap kesehatan.

Banyak orang menganggap bahwa lesung pipi merupakan sifat bawaan yang dominan. Namun, sangat sedikit penelitian yang membahas tentang genetik lesung pipi. Sulit untuk diketahui dan disimpulkan apakah lesung pipi merupakan sesuatu yang diwariskan atau tidak. Orang-orang dengan lesung pipi memang sering memiliki anak dengan lesung pipi juga. Hal ini mengindikasikan bahwa ada kemungkinan lesung pipi merupakan sifat bawaan yang dominan. Namun, tidak semua pasangan dengan lesung pipi memiliki anak dengan lesung pipi pula.

Selain itu, meskipun banyak orang akan memiliki lesung pipi seumur hidup mereka, beberapa kasus menunjukkan bahwa lesung pipi dapan berubah setelah beberapa waktu. Seseorang yang memiliki lesung pipi saat masih anak-anak mungkin akan kehilangan lesung pipi saat mereka beranjak dewasa. Begitu pula sebaliknya, anak-anak yang terlahir tanpa lesung pipi mungkin akan mengembangkan lesung pipi saat mereka tumbuh dewasa. Karena pola faktor keturunan pada lesung pipi sangat tidak dapat diprediksi, beberapa peneliti mengklasifikasikan lesung pipi sebagai sifat dominan tidak teratur. Hal ini berarti lesung pipi, dalam sebagian kasus dan tidak semuanya, merupakan hasil dari sifat turunan dominan. Penelitian lanjutan dibutuhkan untuk mengonfirmasi hal ini.

Apakah lesung pipi merupakan sebuah “cacat” yang menarik? Beberapa orang akan menganggap bahwa lesung pipi membuat senyum seseorang terlihat lebih muda dan menarik. Lesung pipi sering diasosiasikan sebagai bagian dari pemanis wajah dan bahkan tanda keberuntungan di beberapa budaya. Sebuah studi menunjukkan bahwa pria lebih tertarik pada wanita dengan ciri-ciri wajah yang mirip dengan mereka, seperti warna mata, warna rambut, dan lesung pipi. Ada kemungkinan, orang dengan lesung pipi akan lebih tertarik dengan orang yang memiliki kondisi serupa.

Tags:  

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>