Manfaat Bekatul Bagi Tubuh

manfaat bekatul

Bekatul merupakan bagian dari padi, bekatul sendiri adalah bagian terluar dari bagian bulir yang terbungkus oleh sekam. Bulir adalah buah sekaligus biji berbagai tumbuhan serealia sejati, seperti padi, gandum, dan jelai. Namun, bekatul juga dapat diperoleh pula dari jagung, gandum, milet, serta jelai. Lalu apakah bekatul memiliki manfaat kesehatan?

Pada umumnya, bekatul memiliki manfaat untuk mengobati diabetes, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, alkoholisme, obesitas, dan AIDS serta untuk mencegah kanker perut dan usus besar dan mencegah penyakit jantung dan pembuluh darah (kardiovaskular). Selain itu bekatul juga dapat dikonsumsi untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh, meningkatkan energi dan meningkatkan kinerja atletik serta meningkatkan fungsi hati dan sebagai antioksidan. Bekatul sendiri juga biasa digunakan dalam bentuk minyak bekatul yang bermanfaat untuk untuk kolesterol tinggi.

Bagaimana cara bekatul bekerja bagi kesehatan tubuh? Bekatul dapat membantu menurunkan kolesterol karena minyak yang dikandungnya memiliki zat yang dapat menurunkan penyerapan kolesterol dan meningkatkan eliminasi kolesterol. Salah satu zat dalam bekatul dapat menurunkan penyerapan kalsium, yang dipercaya membantu mengurangi pembentukan jenis batu ginjal tertentu.

Berikut kegunaan bekatul yang dipercaya efektif dan bermanfaat bagi kesehatan:

  • Ruam kulit alergi (dermatitis atopik)

Menempatkan rebusan air bekatul pada kulit ternyata dapat mengurangi ruam pada kulit Anda yang alergi.

  • Kanker perut

Makan serat makanan, seperti bekatul, dapat mengurangi risiko kanker lambung.

  • Tingginya kadar kalsium dalam urin

Mengkonsumsi bekatul melalui mulut membantu mencegah batu ginjal pada orang dengan kadar kalsium tinggi dalam urin.

  • Kolesterol Tinggi

Mengikuti diet rendah lemak dan mengkonsumsi 85 gram bekatul penuh lemak per hari dapat menurunkan kolesterol total sebesar 8% dan kolesterol “low” low-density lipoprotein (LDL) sebesar 14%.

  • Rambut rontok

Penelitian menunjukkan bahwa mengoleskan bekatul ke kulit kepala dapat meningkatkan ketebalan rambut pada pria, tetapi tidak pada wanita, dengan rambut rontok androgenik.

  • Diabetes

Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsumsi bekatul yang stabil sama baiknya dengan tepung beras giling untuk mengurangi gula darah pada penderita diabetes tipe 2.

  • Bau mulut.

Mengoleskan minyak bekatul di mulut dan kemudian mengeluarkannya kembali dapat mengurangi bau mulut pada wanita hamil.

Untuk mendapatkan manfaat dari bekatul, tentu saja Anda perlu untuk mengkonsumsi bekatul itu sendiri secara konsisten. Tetapi Anda juga perlu mengetahui dosis yang sesuai untuk mendapatkan manfaat bekatul. Dosis berikut telah dipelajari dalam penelitian ilmiah:

  • Untuk menurunkan kolesterol tinggi: Anda disarankan untuk mengkonsumsi bekatul sebanyak 12-84 gram per hari atau 4,8 gram minyak bekatul per hari.
  • Untuk mengurangi risiko batu ginjal: Anda perlu mengkonsumsi 10 gram bekatul dua kali sehari selama 3 hingga 5 tahun.

Ternyata bekatul memiliki berbagai manfaat yang baik untuk kesehatan, oleh karena itu tidak ada salahnya untuk Anda mengkonsumsi bekatul. Namun Anda tetap disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter Anda jika Anda ingin memasukan bekatul dalam diet Anda sehari-hari.

Tags:  

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>