Langkah Ampuh Pulihkan Diare Tanpa Obat Diare

Langkah Ampuh Pulihkan Diare Tanpa Obat Diare

Diare merupakan penyakit umum yang dapat dialami tiap orang. Setidaknya dalam setahun, seseorang dapat beberapa kali mengalami jenis penyakit ini. Diare sendiri merupakan kondisi ketika frekuensi buang air besar (BAB) Anda meningkat daripada pada biasanya. Umumnya ketika mengalami diare, Anda akan BAB lebih dari 3 kali sehari. 

Tidak hanya intensitas yang meningkat, konsistensi feses juga berubah. Feses ketika diare cenderung bertekstur lembek bahkan dapat berupa cairan saja. Namun tidak perlu khawatir, gejala seperti ini biasanya hanya berlangsung selama 2—3 hari. Anda pun tidak perlu panik dan langsung meminum obat diare ketika mengalami kondisi masalah pencernaan ini. 

Mengobati dari Rumah 

Mengobati diare tidak harus selalu pergi ke dokter untuk mendapatkan resep obat diare. Kondisi pencernaan yang disebabkan oleh virus atau bakteri yang tersebar lewat makanan dan minuman ini dalam kondisi umum dapat ditangani dari rumah saja. Berikut adalah beberapa langkah ampuh yang dapat memulihkan kondisi pencernaan Anda tanpa harus mengonsumsi obat-obatan farmasi. 

  • Perbanyak Asupan Cairan 

Bukan berarti karena diare membuat konsistensi feses dapat berupa cairan jadi Anda memilih untuk mengurangi minum selama diare. Padahal untuk memulihkan kondisi pencernaan karena diare, Anda seharusnya memperbanyak asupan cairan. Pastikan cairan yang Anda minum lebih ke arah mineral, bukan minuman berkafein ataupun beralkohol. 

  • Hindari Produk Susu 

Susu dan produk susu dapat membuat enzim pencernaan meningkat sehingga menambah frekuensi BAB. Tentu frekuensi yang bertambah membuat diare Anda tidak kunjung pergi. 

  • Konsumsi Yogurt 

Pengecualian untuk produk susu yang sudah difermentasi, Anda boleh menyantapnya selama diare. Ini karena yogurt mengandung bakteri baik seperti Lactobacillu acidophilus dan Bifidobacterium yang dapat membantu memusnahkan bakteri jahat penyebab diare di usus Anda. 

  • Minimalkan Sayuran Hijau 

Sayuran hijau memang sehat untuk tubuh, namun bukan penanganan yang tepat untuk diare. Sayur-sayuran berwarna hijau memiliki kandungan gas tinggi yang cenderung membuat perut kembung dan memperburuk kondisi diare Anda. 

  • Tenangkan dengan Pisang

Pisang merupakan buah paling jitu yang dapat menenangkan gejala diare. Jenis buah yang satu ini memiliki kandungan pektin yang dapat memperkeras kotoran. Dengan demikian, feses Anda perlahan tidak akan terlalu lunak lagi. 

  • Stok Makanan Olahan 

Makanan olahan seperti sosis, bakso, sampai pizza memang menggiurkan, namun tidak cocok disantap ketika Anda sedang diare. Makanan olahan cenderung tinggi lemak, gula, dan garam yang bisa membuat usus teriritasi dan memperparah gejala diare. 

Kondisi Serius 

Umumnya dengan beristirahat dan menggunakan langkah-langkah penanganan alami dari rumah, diare akan cepat pulih tidak dalam 3 hari. Namun dalam beberapa kasus, tingkat diare yang Anda rasakan dapat semakin parah. 

Anda mesti memahami kapan waktu untuk pergi ke dokter dan meminum obat diare jika penanganan alami tidak kunjung mempan. Jika merasakan beberapa kondisi di bawah ini, segeralah lakukan kedua hal tersebut. 

  • Feses Hitam 

Diare hanya mengubah tekstur feses, bukan warna. Jika ketika diare warna feses ikut berubah dan menjadi hitam, segeralah untuk mengonsumsi obat diare dan pergi ke dokter. 

  • Demam Tinggi 

Diare yang parah dapat menyebabkan Anda mengalami demam. Suhu tubuh Anda bisa mencapai di atas 38 derajat Celsius dengan durasi lebih dari 24 jam. 

  • Mual dan Muntah 

Diare yang diikuti mual dan muntah dapat memperburuk kondisi tubuh. Ini karena Anda akan kesulitan mengganti cairan yang hilang karena BAB yang terlalu sering. 

  • Nyeri Perut Parah 

Diare dapat berpengaruh ke kondisi perut Anda. Umumnya, sakit perut saat diare hanya terasa ketika Anda BAB. Namun jika Anda sudah merasakan nyeri perut parah sepanjang waktu, artinya kondisi Anda cukup serius. 

  • Sulit Buang Air Kecil 

Kondisi diare yang parah dapat membuat Anda kesulitan buang air kecil. Ini karena cadangan cairan dalam tubuh terus berkurang. 
Sebagai langkah awal ketika menjumpai kondisi serius, cobalah untuk mengonsumsi obat diare berjenis metoclopramide dan cisapride. Setelah itu, jangan lupa kontrol ke dokter untuk memastikan kondisi tubuh Anda secara lebih rinci.

Tags:  

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>