Category Kesehatan Kulit

6 Cara Menghilangkan Kapalan yang Ampuh dan Efektif

6 Cara Menghilangkan Kapalan yang Ampuh dan Efektif

Apakah saat ini Anda sedang mengalami kapalan? Kondisi ini memang sangat mengganggu kenyamanan sehari-hari. Kapalan adalah istilah yang menunjukkan kondisi kulit di kaki Anda yang keras, kasar, kering, pecah-pecah, dan bahkan, terinfeksi. Untungnya, banyak masalah kaki hanya disebabkan oleh kurangnya perawatan yang tepat. Namun, masalah terberat biasanya adalah kapalan. Lalu, bagaimana ya cara menghilangkan kapalan yang ampuh dan efektif?

Apa itu kapalan?

Menurut Dr. Warmuth yang berhasil diwawancarai oleh tim Dermstore, kapalan adalah bagian kulit yang mengeras atau menebal, dan ini biasanya terjadi akibat sering mengalami gesekan. Dua bagian yang paling umum mengalami ini adalah tumit dan kaki, tetapi juga dapat ditemukan di tangan.

Cara kulit bertahan terhadap tekanan ekstrim adalah dengan menebal. Namun, kondisi ini bisa menjadi lebih menyakitkan jika tidak dicegah dan diatasi dengan baik dan benar. Kapalan di kaki dapat disebabkan oleh banyak masalah, termasuk alas kaki yang rusak, aktivitas berulang, atau sekadar terkena kotoran.

Cara menghilangkan kapalan yang ampuh dan efektif

Ada beberapa cara menghilangkan kapalan dengan perawatan di rumah yang mudah, ampuh, dan efektif mencegahnya terjadi lagi. Cara tersebut adalah:

  1. Rendam kaki dalam air hangat.

Cobalah merendam kaki Anda yang mengalami kapalan selama 20 menit di dalam air hangat. Setelah mengeringkannya dengan handuk, kaki Anda akan jauh terasa lebih lembut. Dengan melakukan perendaman kaki dalam air hangat beberapa kali, akan dapat menghilangkan kapalan sepenuhnya. Cara menghilangkan kapalan ini termasuk pengobatan pertama yang direkomendasikan oleh American Academy of Dermatology.

  1. Oleskan krim atau losion pelembab setiap hari.

Krim atau losion pelembab dapat membantu melembutkan dan mencegah kapalan terjadi lagi. Para ahli menyarankan untuk menggunakan krim atau losion pelembab pada area yang mengalami kapalan setiap hari. Anda juga bisa menggunakan losion yang mengandung asam glikolat yang dikombinasikan dengan vitamin E untuk menghaluskan dan memulihkan kulit kaki Anda yang rusak.

  1. Gunakan bantalan tambahan pada sepatu.

Menggunakan bantalan ekstra dapat membantu mencegah kapalan pada tumit Anda. Bantalan ekstra ini berperan mengurangi jumlah gesekan yang dialami kaki Anda saat berjalan sehari-hari. Beberapa contoh bantalan tambahan yang dapat Anda gunakan adalah kaus kaki tebal dan sol sepatu. The Mayo Clinic juga menyarankan untuk menghindari bantalan kalus berupa obat yang mengandung asam salisilat, karena dapat mengiritasi dan merusak kulit Anda.

  1. Kikis kapalan menggunakan lapisan yang lebih keras.

Anda bisa memanfaatkan batu apung untuk mengikis kapalan Anda, sehingga bisa mengurangi beberapa lapisan kulit yang lebih keras dan lebih tebal. Namun, cara ini tidak boleh dilakukan secara berlebihan, karena dapat menyebabkan pendarahan dan infeksi. Lakukan secara lembut dan pastikan Anda menghentikannya jika terasa nyeri atau teriritasi. 

  1. Eksfoliasi telapak kaki secara rutin.

Eksfoliasi adalah cara menghilangkan kapalan yang sangat penting dilakukan. Ini karena eksfoliasi dapat mengangkat sel-sel kulit mati dan kulit Anda dapat menyerap pelembab, losion, dan perawatan lainnya dengan lebih baik. Anda bisa memilih produk eksfoliasi untuk kapalan yang diformulasikan dengan asam salisilat, urea, atau amonium laktat. Medical News Today menyarankan untuk melakukan eksfoliasi setiap hari untuk mendorong pengelupasan sel kulit mati yang menumpuk. Namun, penting Anda periksa label produknya terlebih dahulu, karena bisa saja mengandung bahan keras yang dapat menimbulkan efek terbakar pada kulit. 

  1. Menggunakan pasta soda kue.

Pasta soda kue juga bisa menjadi alternatif krim eksfoliasi komersial yang dapat menghilangkan kapalan Anda. Tidak sulit untuk menyiapkannya, cukup campurkan 2 sendok makan air dengan soda kue secukupnya, lalu aduk hingga membentuk pasta. Setelah itu, tambahkan beberapa tetes air jeruk nipis. Oleskan pasta soda kue ke area yang mengalami kapalan dan tutupi dengan kaus kaki, sarung tangan, atau kain kasa. Cara ini bisa Anda lakukan setiap malam sampai kapalan menghilang.

Inilah 6 cara menghilangkan kapalan yang bisa menjadi perawatan Anda di rumah. Umumnya, kapalan tidak menimbulkan komplikasi yang lebih serius. Namun, jika kapalan mulai bernanah, berubah warna, atau berdarah, sebaiknya bawa ke dokter untuk diperiksa lebih lanjut. Dokter mungkin akan membantu Anda menemukan penyebab yang mendasari kapalan, terutama jika Anda menderita diabetes dan penyakit jantung. Alhasil, Anda bisa mendapatkan pengobatan yang lebih tepat.

Read More

Apa Itu Ceramide? Asam Lemak Yang Dibutuhkan Kulit

Ceramide adalah sebuah kelas asam lemak yang disebut lipid. Ceramide ditemukan secara alami di sel-sel kulit dan membuat sekitar 50 persen dari lapisan luar kulit (epidermis). Meskipun ceramide lebih dikenal karena perannya dalam perkembangan sistem saraf dan otak, asam lemak ini mulai mendapatkan popularitas di dunia perawatan kulit karena potensi manfaat kesehatan kulitnya yang beragam. Ceramide banyak digunakan di produk-produk perawatan tubuh, mulai dari sampo, makeup, hingga deodorant.

Apa manfaat ceramide untuk kulit?

Ceramide terbuat dari asam lemak rantai panjang yang berhubungan dengan molekul penting lain untuk menunjang fungsi sel. Ceramide membantu menciptakan penghalang untuk mencegah permeabilitas. Hal ini dapat mengunci kelembapan pada kulit, yang mana dapat membantu mencegah kulit kering dan iritasi. Ceramide juga dapat membantu melindungi epidermis dari kerusakan akibat lingkungan sekitar, misalnya akibat polusi udara ataupun sinar UV matahari yang berbahaya. Manfaat lain adalah efek anti penuaan. Garis halus dan keriput biasanya lebih mudah terlihat ketika kulit tubuh kering. Dengan mengunci kelembapan, tampilan garis halus dan keriput tersebut dapat diminimalisir. Meskipun kulit manusia secara alami terbuat dari ceramide, asam lemak ini akan berangsur-angsur hilang. Hal ini dapat menyebabkan kulit tampak kusam dan kering. Anda bisa meminimalisir efek ini dengan memberi kulit ceramide ekstra.

Jenis dan kondisi kulit apa yang mendapatkan manfaat dari ceramide tambahan?

Masih belum jelas apakah level ceramide yang terjadi secara alami di kulit Anda berhubungan dengan risiko menderita beberapa kondisi kesehatan kulit tertentu. Namun, penelitian menyatakan bahwa orang-orang yang menderita eksim dan psoriasis memiiki ceramide dalam jumlah yang lebih sedikit di kulit dibandingkan dengan mereka yang sehat. Meskipun penelitian lanjutan dibutuhkan, ada alasan untuk mempercayai penggunaan produk perawatan kulit yang mengandung ceramide dapat membantu menenangkan iritasi dan menyediakan pelindung tambahan terhadap kasus-kasus kulit kering tertentu. Apabila Anda memiliki kulit dewasa, Anda bisa mendapatkan manfaat dari ceramide berbentuk suplemen.

Yang menjadi pertanyaan berikutnya adalah, dari produk penyedia ceramide yang banyak tersedia saat ini, manakah yang lebih baik antara produk perawatan kulit, makanan, atau suplemen untuk memberikan tambahan ceramide agar kulit menjadi lebih sehat? Tidak ada jawaban pasti untuk pertanyaan ini. Mereka yang memiliki kondisi kulit tertentu dapat mendapatkan manfaat yang besar apabila mengonsumsi suplemen ceramide, karena suplemen akan merawat penyebab kondisi yang diderita dari dalam. Namun, apabila Anda memiliki kulit yang menua dan kering, produk oles yang mengandung ceramide akan lebih cocok untuk mengatasi masalah kulit yang dimiliki. Saat memilih ceramide, pilihlah suatu produk yang cocok dengan jenis atau tipe kulit Anda. Misalnya, apabila Anda memiliki kulit yang kering, pilihlah krim yang mengandung ceramide. Krim dan salep mengandung lebih banyak pelembap dan tidak akan membuat kulit iritasi apabila dibandingkan dengan losion. Bagaimana dan kapan Anda akan menggunakan ceramide juga tergantung pada rutinitas perawatan kulit dan jenis produk yang digunakan. Krim dan pelembap, misalnya, digunakan sebagai tahap akhir di malam hari atau sebelum menggunakan tabir surya di pagi hari. Krim dan pelembap juga dapat menjaga kelembapan ketika dioleskan setelah mandi. Beberapa produk pembersih kulit juga mengandung ceramide, yang bisa digunakan dua kali sehari. Pilihlah jenis produk ceramide yang cocok untuk kulit Anda. Dengan produk yang tepat dan rutinitas perawatan kulit yang terjaga baik, Anda bisa mendapatkan hasil kulit lebih sehat dan cerah.

Read More