Category Hidup Sehat

Yuk Ketahui, Cara Menghitung Tetesan Infus pada Orang Dewasa!

Salah satu skill atau kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang tenaga kesehatan yang profesional adalah menghitung tetesan infus. Memastikan setiap pasien diberikan obat dengan dosis yang tepat adalah tanggung jawab semua pihak, terutama tim medis yang memberikan resep atau arahannya. Oleh sebab itu, penting sekali mengetahui cara menghitung tetesan infus yang benar, agar dosis yang diberikan kepada pasien sesuai dengan kebutuhan dan kondisi tubuhnya.

Macam-macam cairan infus

Sebelum mempelajari cara menghitung tetesan infus, ada baiknya Anda mengetahui macam-macam cairan infus yang digunakan dalam pengobatan medis. Berdasarkan penggunaannya, cairan infus dapat dibedakan menjadi 4 macam, yaitu:

  • Cairan pemeliharaan.

Umumnya, jenis cairan pemeliharaan diantaranya NaCl 0,9%, glukosa 5%, ringer laktat atau asetat, atau glukosa salin. Terapi cairan pemeliharaan ini diberikan pada pasien yang tidak dapat memenuhi kebutuhannya melalui rute enteral.

Tujuan terapi cairan ini untuk menyediakan cukup cairan dan elektrolit dalam tubuh (500 – 1000 mL), mempertahankan status cairan normal tubuh, dan memungkinkan ekskresi residu atau sampah sisa metabolisme tubuh dari ginjal (500 – 1500  mL).

  • Cairan pengganti.

Terapi cairan pengganti ini digunakan untuk menutupi kekurangan cairan atau elektrolit, serta mengatasi gangguan keseimbangan cairan (homeostasis) di dalam tubuh. Misalnya, kehilangan yang tidak normal dari saluran pencernaan (fistula, ileostomy, drainase nasogastrium, dan drainase bedah) atau saluran kencing (saat pemulihan gagal ginjal akut).

  • Cairan infus untuk tujuan khusus.

Jenis cairan yang digunakan adalah cairan kristaloid, misalnya natrium bikarbonat 7,5% dan kalsium glukanas yang digunakan khusus untuk mengatasi gangguan keseimbangan elektrolit.

  • Cairan nutrisi.

Terapi cairan nutrisi biasanya digunakan untuk nutrisi parenteral pada pasien yang kehilangan nafsu makan, tidak boleh makan, atau tidak dapat makan secara oral. Pemberian terapi cairan nutrisi harus memenuhi syarat-syarat berikut.

  • Mengalami masalah dalam penyerapan makanan, seperti atresia intestinal, fistula enterokunateus, kolitis infektiosa, dan obstruksi usus halus.
  • Kondisi usus harus diistirahatkan, seperti pankreatitis berat, stenosis arteri mesenterika, angina intestinal, diare, dan status preoperatif dengan malnutrisi berat.
  • Gangguan motilitas usus, seperti pseudo-obstruksi, skleroderma, dan ileus yang berkepanjangan.
  • Pasien yang asupan makannya tidak dapat diberikan melalui jalur enteral, seperti gangguan makan dan hiperemesis gravidarum.

Cara menghitung tetesan infus pada orang dewasa

Menghitung tetesan infus sebenarnya dapat dilakukan menggunakan mesin, tenaga medis cukup memasukkan data jumlah cairan yang dimasukkan dan waktu yang diperlukan cairan untuk masuk ke dalam tubuh.

Hanya saja, jika kondisinya tidak menggunakan mesin otomatis, maka tenaga medis tetap harus bisa menghitungnya. Rumus cara menghitung tetesan infus secara manual pada orang dewasa adalah sebagai berikut:

Contoh kasusnya:

Seorang dokter memberikan instruksi kepada perawat untuk memberikan pasien cairan infus sebanyak 500 mL dalam waktu 10 jam. Faktor tetes telah ditetapkan nilainya 20. Berapakah jumlah tetesan infus setiap menit?

Maka, penyelesaiannya adalah:

Jadi, jumlah tetesan infus setiap menitnya adalah 16 – 17 tetes. Ini berarti pasien akan memperoleh 16 – 17 tetes cairan infus setiap 1 menit sebelum cairan infus habis atau diganti yang baru.

Inilah yang perlu Anda ketahui tentang macam-macam cairan infus dan cara menghitung tetesan infus. Jika Anda ingin menghitung berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menghabiskan jumlah cairan infus, maka rumus yang digunakan sama dengan rumus di atas.

Read More

Apa Saja Manfaat Petrolium Jelly?

Petroleum Jelly merupakan zat lemak semisolid yang berasal dari campuran wax dengan minyak mineral. Dari segi bentuk, petrolium jelly mirip seperti balsam. Warnanya transparan, sedangkan teksturnya lengket dan sedikit licin. Terdapat banyak manfaat petrolium jelly bagi tubuh terutama bagi kulit.  Dari segi harga, petrolium jelly sangat terjangkau. Ukuran petrolium jelly yang banyak dijual di pasaran juga minimalis sehingga mudah dibawa ke mana-mana.

petrolium jelly

Manfaat petrolium jelly untuk kecantikan

Petrolium jelly memiliki segudang manfaat bagi kulit, khususnya di bidang kecantikan. Meski petrlium jelly bukan termasuk makeup, namun keberadaannya sudah menjadi barang wajib pendamping makeup. Berikut ini merupakan manfaat petrolium jelly untuk kecantikan.

  1. Merapikan alis berantakan

Manfaat petrolium jelly yang seringkali tidak diketahui oleh banyak orang yaitu untuk merapikan alis yang berantakan. Bagi pemilik alis tebal yang berantakan, penggunaan petrolium jelly bisa membuat alis rapi tanpa pensil alis. Cukup oleskan tipis petrolium jelly pada alis kemudian sisir ke arah luar menggunakan sisir khusus alis.  

  • Membersihkan make up

Jika Anda kehabisan pembersih make up, tidak perlu cemas. Petrolium jelly bisa menjadi penyelamat, lho. Hal itu dikarenkan petrolium jelly dapat diigunakan sebagai make up remover, yang tentu saja akan sekaligus melembapkan wajah Anda.

  • Mengurangi komedo

Petrolium jelly bisa mengurangi komedo membandel di wajah. Cara penggunaannya yaitu dengan mengoleskannya pada area hidung kemudian tutup menggunakan handuk. Tunggu 15 menit, kemudian bersihkan petrolium jelly. Tekan hidung untuk membersihkan komedo.

  • Berguna untuk based eye shadow

Manfaat petrolium jelly sungguh beragam, termasuk untuk based eye shadow. Oleskan pada kelopak mata, tunggu hingga kering, kemudian aplikasikan eye shadow. Mudah, bukan?

  • Mengangkat sel kulit mati

Petrolium jelly bisa membantu mengangkat sel kulit mati. Caranya mudah, kok. Campurkan petrolium jelly dengan garam laut atau gula, kemudian oleskan pada kulit yang kusam agar sel-sel kulit mati mengelupas.

Manfaat petrolium jelly untuk kesehatan

Tidak hanya untuk kecantikan saja, manfaat petrolum jelly untuk kesehatan pun cukup banyak. Petrolium jelly bisa dijadikan pertolongan pertama untuk berbagai masalah kesehatan ringan seputar kulit, sepert berikut ini.

  1. Menyembuhkan luka kecil

Ketika kulit terluka, Anda bisa menggunakan petrolium jelly untuk mengobatinya. Akan tetapi, hal ini hanya berlaku untuk luka ringan seperti tersayat pisau atau tergores pinggiran kertas. Sebelum mengoleskan petrolium jelly, pastikan luka sudah dibersihkan dan kulit dalam keadaan kering agar tidak terjadi infeksi.

  • Melembapkan kulit kering

Masalah kulit yang sering ditemui adalah kulit berminyak atau kulit kering. Petrolium jelly bisa membantu mengatasi kulit kering karena kandungannya bisa melembapkan. Area yang kering biasanya bibir, siku, lutut, serta telapak tangan bagian luar.

  • Mencegah timbulnya ruam popok

Penggunaan popok pada bayi seringkali menimbulkan ruam sebab jarang diganti. Ruam juga bisa muncul jika bayi terlalu aktif bergerak sehingga gesekan popok pada kulit menjadi sangat intens. Untuk mencegah timbulnya ruam, oleskan petrolium jelly secara tipis dan merata.

  • Mengatasi iritasi ringan

Iritasi kulit ringan bisa terjadi umumnya karena kontaminasi zat kimia kemudian menimbulkan alergi tertentu. Detergen, tanaman, logam, serta banyak benda lain bisa menjadi pemicunya. Mengoleskan petrolium jelly bisa mebantu mengatasi iritasi ringan tersebut.

Manfaat petrolium jelly lainnya

Selain bermanfaat untuk kecantikan dan kesehatan, petrolium jelly juga memiliki manfaat dikeseharian, lho. Apa saja manfaat tersebut? Berikut ini ulasan lengkapnya.

  1. Membuat aroma parfum lebih tahan lama

Aroma parfum cepat memudar? Atasi dengan petrolium jelly. Oleskan petrolium jelly pada kulit yang akan disemprot parfum sebagai lapisan dasar. Dengan begitu, aroma parfum Anda akan lebih tahan lama..

  • Melindungi kuku dari cat kuku

Kuku yang sering dicat akan menjadi kurang sehat dan warnanya berubah jadi kecoklatan. Oleskan petrolium jelly secara rutin agar kuku senantiasa ternutrisi meski sering menggunakan cat kuk

  • Mengatasi rambut kering

Jika rambut Anda kering, petrolium jelly bisa digunakan untuk membantu mengatasi hal tersebut. Gunakan petrolium jelly pada bagian ujung  rambut. Jangan oleskan terlalu banyak, karena malah akan melukai rambut. Hal ini bertujuan melembabkan rambut dan membantu rambut tumbuh kembali dengan sehat.                Manfaat petrolium jelly sudah tidak perlu diragukan lagi. Anda pun tidak perlu khawatir, sebab petrolium jelly aman bagi kulit dan tubuh. Akan tetapi, gunakan petrolium jelly seperlunya saja. Penggunaan yang berlebihan dapat menimbulkan efek samping seperti iritasi. Jenis kulit tertentu juga bisa saja alergi atau tidak cocok menggunakan petolium jelly. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter kulit.  

Read More

Baik Bagi Kesehatan, Ini Manfaat Putri Malu

Mungkin banyak yang mengira bahwa tumbuhan putri malu hanyalah tanaman liar yang tumbuh di jalan-jalan. Namun, tahukah Anda manfaat putri malu ini sangat banyak sekali bagi kesehatan.

manfaat putri malu

Tanaman yang lebih dikenal putri malu ini memiliki nama ilmiahnya, yaitu Mimosa Pudica. Tanaman ini memang banyak tumbuh liar di jalanan. Selain peka sekali dengan sentuhan, tanaman pemalu ini juga diketahui banyak sekali memiliki manfaat. Berikut beberapa manfaat putri malu untuk kesehatan.

·         Melindungi dari radikal bebas

Radikal bebas adalah sejenis molekul atau senyawa yang dapat menumpuk di dalam tubuh seiring berjalannya waktu dan dapat membahayakan tubuh. Nah, tumbuhan putri malu ini memiliki sumber antioksidan yang banyak. Meskipun kandungan antioksidan terdapat pada batang dan bijinya, namun sebagian besar kandungan antioksidan herbal terdapat pada daunnya.

·         Bermanfaat bagi penderita diabetes dan tekanan darah tinggi

Meskipun diabetes belum dapat disembuknan secara pasti, namun seorang penderita diabetes dapat hidup lama dengan cara mengontrol kadar gula darahnya. Tanpa pengendalian gula darah, maka penderita bisa berisiko tinggi terkena berbagai komplikasi diabetes.

Namun, sebuah penelitian mengatakan bahwa dengan mengonsumsi ekstrak tumbuhan putri malu Anda dapat mengontrol gula darah dan tekanan darah tinggi. Kedua penyakit tersebut dipercaya dapat membantu mengatasi masalah tersebut. Caranya dengan meminum jus tanaman ini selama 10 hari maka Anda akan melihat perbedaan kadar gula darah Anda sebelum meminum jus tamanan ini.

·         Baik bagi kesehatan usus

Manfaat tanaman putri malu lainnya adalah bagi kesehatan usus Anda. Tidak hanya itu, Mimosa Pudica ini pun dapat membantu mencegah tukak lambung dengan mengurangi keasaman pada lambung Anda.

Tukak lambung adalah luka yang terjadi pada lapisan saluran pencernaan Anda. Faktor risiko penyebab tukak lambung adalah bakteri Helicobacter pylori yang dapat merusak lapisan lendir saluran pencernaan Anda. Nah, ekstrak tanaman ini dapat membantu mengurangi asam lambung dan meingkatkan sekresi yang melindungi usus dan mencegah tukak.

·         Nyeri sendi dan arthritis

Arthritis sering kali ditandai dengan munculnya nyeri pada sendi serta peradangan. Nah, salah satu manfaat putri malu ini dapat memabntu meredakan nyeri sendi dan peradangan yang terjadi berkat sifat anti-inflamasinya. Caranya Anda hanya perlu menghaluskan daun putri malu, setelah halus oleskan pada area yang sakit semalaman, lakukan hal ini selama beberapa hari untuk mengurangi rasanya nyeri dan perbaikan secara keseluruhan.

·         Mengobati luka

Selain sifat anti-inflamasi yang dapat membantu meredakan nyeri, daun Mimosa Pudica ini pun berkhasiat untuk menyembuhkan luka, dan kulit yang terinfeksi seperti bisul. Sama halnya pada nyeri sendi, Anda pun dapat menghaluskan daun putri malu untuk dioleskan atau dibalurkan pada area yang terluka.

·         Tingkatkan kesehatan mulut

Meskipun dikenal sebagai tanaman liar, manfaat putri malu sangat banyak sekali salah  satunya meningkatkan kesehatan mulut. Caranya adalah dengan merebus akar tanaman putri malu dan air hasil rebusannya tersebut Anda dapat gunakan sebagai obat kumur. Gunakan air resbusan tersebut setiap hari untuk mengobati sakit gigi dan penyakit gusi sekaligus meningkatkan kebersihan mulut secara keseluruhan. Manfaat putri malu sungguh luar biasa, mulai dari biji, akar, daun hingga batang berguna bagi Kesehatan. Meski begitu tidak semua orang bisa mengonsumsi obat dari tanaman putri malu. Selain itu, meskipun memiliki banyak sekali manfaat, namun ada baiknya untuk tidak dikonsumsi sebagai obat dalam tanpa sepengetahuan dokter.

Read More

Camilan Tengah Malam Bagi Penderita Diabetes

Bagi penderita diabetes tentunya akan sangat berhati-hati dalam mengonsumsi makanan apapun. Pasalnya, apapun yang dikonsumsi akan mempengaruhi kadar gula darah dalam tubuh, karena setelah makan sesuatu gula darah bisa naik dan ketika tidak makan maka gula darah bisa turun.

camilan tengah malam

Oleh karena itu, para penderita diabetes harus tahu camilan atau makanan apa yang mereka konsumsi. Lalu bagaimana jika di tengah tidur malam merasa lapar dan mencari camilan tengah malam? Maka ada beberapa makanan yang bisa mereka konsumsi.

Sebelum tidur biasanya para penderita diabetes akan disarankan untuk mengonsumsi camilan dan biasanya jumlah camilan sudah ditentukan oleh masing-masing dokter mereka. Tetapi ada baiknya jika apa yang mereka konsumsi mengandung protein yang tinggi, lemak sehat dan karbohidrat yang terbatas.

Karena makanan dengan komposisi ini dapat membantu mengatasi lonjakan gula darah pada malam hari dan memastikan kadar gula darah rendah pada pagi hari. Jika Anda terbangun dan merasa lapar, bisa mencoba camilan tengah malam berikut:

Segenggam kacang

Saat bangun tengah malam atau sebelum tidur, penderita diabetes dapat mengonsumsi kacang-kacangan dengan jumlah yang tidak terlalu banyak atau segenggam. Beberapa jenis kacang-kacangan yang bisa Anda coba seperti almond, kenari, dan kacang tanah yang mengandung banyak vitamin, mineral, dan lemak sehat. Selain itu, almond pun banyak mengandung vitamin E dan kenari sangat kaya akan asam lemak omega 3.

 Telur rebus

Telur merupakan sumber protein yang sangat baik bagi siapapun, termasuk pada penderita diabetes. Telur pun mengandung sangat sedikit karbohidrat. Anda dapat mengonsumsi camilan tengah malam dengan makan telur dan tambahan beberapa biskuit gandum untuk penambah serat. Serat di sini berfungsi untuk memperlambat proses pencernaan, melepaskan energi dari makanan dalam waktu yang lebih lama. Selain itu, hal ini pun dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil.

Wortel, tomat atau mentimun

Sayuran dan non tepung adalah camilan tengah malam yang baik untuk penderita diabetes. Pasalnya mereka mengandung sedikit sekali kalori, lemak dan karbohidrat, sekaligus mengandung banyak sekali vitamin dan mineral.

Anda dapat mencoba wortel, tomat ceri atau irisan mentimun yang bisa disajikan dengan cara direbus ataupun makan begitu saja. Sayuran tersebut mengandung antioksidan dan serat dalam dosis yang sangat baik, serta dapat meningkatkan kesehatan jantung dan usus. Untuk mendapatkan lebih banyak protein, Anda dapat menambahkan parutan keju rendah lemak pada camilan tersebut.

Apel

Banyak sekali kandungan vitamin, mineral yang terkandung di dalam sebuah apel. Selain itu, buah ini pun mengandung antioksidan. Apel sendiri disebut dapat membantu diet sehat bagi penderita diabetes. Anda dapat mencoba mengonsumsi apel dengan cara memotong apel dan tambahkan sedikit selai kacang pada tiap irisannya.

Selai kacang pun kaya akan protein, serat dan lemak sehat yang dapat memabntu mengontrol kadar gula darah dalam tubuh. Jadi, apel dengan selai kacang dapat menajdi salah satu pilihan camilan tengah malam Anda.

Menghitung karbohidrat merupakan hal yang sangat penting bagi penderita diabetes. Jumlah karbohidrat yang Anda makan akan menentukan kadar gula darah dalam tubuh  Anda. Maka dari itu sangat penting untuk memilah milih camilan tengah malam untuk Anda. Umumnya para penderita diabetes akan disarankan untuk menghindari camilan bertepung dan manis. Beberapa makanan atau camilan yang sebaiknya dihindari seperti jus buah, kue kering, roti putih dan beberapa camilan dengan jumalh karbohidrat yang tinggi. Bagi penderita diabetes disarankan mengonsumsi 40% asupan kalori harian sebaiknya dari karbohidrat, maka dari itu sebaiknya menghindari camilan yang juga berasal dari karbohidarat. 

Read More

Syarat Mendapatkan Surat Rujukan BPJS Kesehatan

Saat ingin menikmati layanan kesehatan dari BPJS Kesehatan, ada beberapa prosedur yang harus dilakukan. Salah satunya adalah adanya surat rujukan BPJS Kesehatan.

Surat rujukan adalah surat pengantar dari tenaga medis untuk petunjuk pengobatan dan pengobatan lanjutan ke dokter yang lebih kompeten.

Cara Mendapatkan Rujukan BPJS Kesehatan untuk Pasien

Surat rujukan dikeluarkan atau diberikan oleh dokter di Faskes Tingkat I agar pasien mendapatkan pengobatan di klinik yang lebih lengkap atau ke Faskes Tingkat II, seperti rumah sakit.

Umumnya, dokter akan langsung menerbitkan surat rujukan BPJS Kesehatan dari Faskes Tingkat I ke Faskes Tingkat II tanpa harus diminta. Namun, bila kondisi pasien bisa ditangani di Faskes Tingkat I, pasien akan diminta rawat jalan di sana hingga sembuh.

Ada syarat pasien yang diberikan rujukan ke Faskes Tingkat II ini, yaitu:

  • Pasien Membutuhkan pelayanan kesehatan yang spesialistik atau subspesialistik
  • Terdapat keterbatasan SDM, sarana dan prasarana di Faskes Tingkat I sehingga pasien harus dirujuk ke Faskes Tingkat II
  • Perujuk tidak bisa memberikan pelayanan kesehatan sesuai yang dibutuhkan oleh pasien. Hal ini bisa terjadi karena keterbatasan tenaga medis, fasilitas, dan peralatan

Jika syarat di atas tidak terpenuhi, maka pasien ataupun keluarga pasien tidak bisa memaksa untuk dirujuk. Jika ada pemaksaan, surat rujukan mungkin saja dikeluarkan, tetapi pada surat tersebut terdapat tulisan APS singkatan dari Atas Permintaan Sendiri. Sehingga biaya pengobatan akan ditanggung sendiri oleh pasien.

Nah, perlu diingat, bagi pasien yang pernah mendapat surat rujukan sebelumnya, dan sewaktu-waktu penyakitnya kambuh, jangan nekat langsung ke rumah sakit dengan membawa rujukan sebelumnya. Sebab, kemungkinan akan ditolak. Jadi tetap harus ke Faskes Tingkat I terlebih dahulu.

Kondisi yang Tidak Memerlukan Surat Rujukan BPJS Kesehatan

Ada juga kondisi yang tidak membutuhkan surat rujukan. Seperti pada kasus berikut ini:

  1. Adanya bencana
  2. Kondisi gawat darurat seperti kecelakaan atau penyakit lain yang membutuhkan penanganan UGD. Pada kondisi seperti ini, pasien tidak memerlukan surat rujukan dan bisa langsung mendapat penanganan dari dokter di Faskes Tingkat II
  3. Pasien yang memiliki masalah kesehatan khusus, isalnya harus melakukan terapi di faskes lanjutan
  4. Pertimbangan geografis saat kondisi mendesak
  5. Pertimbangan ketersediaan fasilitas

Syarat Mendapat Surat Rujukan BPJS Kesehatan dari Faskes Tingkat I

Mendapatkan surat rujukan dari Faskes Tingkat I juga memerlukan persyaratan berupa dokumen yang harus dilengkapi.

Fungsi dari surat rujukan ini adalah untuk berbagai keperluan, seperti pengobatan rawat inap, rawat jalan, pengobatan darurat, serta pengobatan di luar kota.

Apa saja persyaratan dokumen yang harus dilengkapi? Berikut detailnya:

  • Kartu peserta BPJS Kesehatan yang asli dan fotokopi
  • Fotokopi Kartu Keluarga
  • Fotokopi KTP
  • Surat rujukan dari dokter yang memeriksa di Faskes Tingkat I
  • Surat Eligibilitas Peserta
  • Kartu Berobat

Bagi pasien yang melakukan pengobatan di luar kota, peserta harus mengurus surat pengantar ke kantor BPJS di daerah asal. Surat ini nanti akan berguna agar pasien tidak ditolak oleh Faskes TIngkat I di daerah melakukan pengobatan.

Surat Rujukan BPJS Kesehatan Online

Di sebagian faskes, rujukan dalam bentuk online sudah mulai berjalan. Meskipun rujukan berbentuk kertas masih tetap berlaku. Adanya rujukan online tentu akan memudahkan pasien dan mendapat kepastian memperoleh layanan di rumah sakit rujukan.

Rujukan online ini sifatnya real time dari Faskes Tingkat I ke Faskes Tingkat II dan menggunakan dokumen digital. Jadi data peserta akan secara langsung akan terkoneksi. Data calon pasien pun bisa dengan mudah dianalisis.

Dengan adanya rujukan BPJS Kesehatan online akan meminimalisir kendala yang mungkin terjadi. Jadi tidak ada lagi masalah kartu rujukan ketinggalan dan kendala lainnya.

Read More

Deteksi Bahaya, Ini Langkah Pemeriksaan Jantung Sendiri

Penyakit jantung begitu ditakuti lantaran masih menjadi penyebab kematian nomor satu di seluruh dunia. Data yang dimiliki organisasi kesehatan dunia, WHO, menunjukkan bahwa lebih dari 17 juta orang meninggal lantaran gangguan kardiovaskular tersebut. Oleh karenanya, pemeriksaan jantung menjadi begitu penting untuk dilakukan oleh setiap orang.

Penyakit atau gangguan kesehatan yang terjadi pada jantung ini bisa menyerang siapa saja, walau mereka cenderung tidak memiliki risiko itu. Pemeriksaan jantung sedini mungkin dan secara berkala berfungsi untuk menghindari kematian mendadak lantaran terjadi serangan jantung.

Pemeriksaan jantung sebaiknya mulai dilakukan oleh pria dewasa berusia yang telah memasuki usia 30-an. Apalagi kalau mereka memiliki faktor risiko seperti riwayat penyakit jantung keluarga, hipertensi, dan kelebihan berat badan.

Kemudian, saat memasuki usia 40 tahun, frekuensi pemeriksaan jantung harus semakin ditingkatkan dan dilakukan secara rutin terutama Sementara itu, bagi perempuan, risiko baru meningkat setelah mengalami menopause.

Di luar kondisi tersebut, apabila seseorang sudah memiliki gejala seperti kerap sesak napas dan sakit di sekitar dada, kalangan medis bersepakat menyarankan orang tersebut untuk segera melakukan pemeriksaan jantung.

American Heart Association merekomendasikan pemeriksaan jantung dilakukan secara rutin setiap tiga tahun sekali. Pengecekan juga bisa lebih sering jika faktor risiko meningkat. Pemeriksaan kondisi jantung dan pembuluh darah dapat dilakukan sendiri ataupun dengan bantuan dokter.

Cara memeriksa kesehatan jantung sendiri dapat dilakukan dengan menggunakan kalkulator estimasi risiko penyakit kardiovaskular atau ASCVD (Atherosclerotic Cardiovascular Disease). Aplikasi kalkulator ini bisa diunduh di penyedia layanan ponsel pintar Anda

Untuk dapat bekerja, penggunaan kalkulator ini membutuhkan sejumlah informasi, seperti:

  • usia
  • jenis kelamin
  • ras
  • tekanan darah sistolik
  • kolesterol total
  • kolesterol HDL
  • riwayat diabetes
  • status merokok
  • perawatan hipertensi

Informasi seperti tekanan darah diastolik, kolesterol LDL, penggunaan statin, dan terapi aspirin juga bisa ditambahkan. Pengukuran kolesterol dapat dilakukan dengan pengecekan darah di laboratorium.

Informasi-informasi tersebut bisa langsung dimasukkan ke kalkulator. Lalu, kalkulator akan menghitung dan mengeluarkan sejumlah angka dalam satuan persen.

Indikator yang ditunjukkan angka tersebut memiliki arti:

  • kecil dari 5 persen berisiko kecil
  • antara 5-7,4 persen ada di batas risiko
  • antara 7,5-19,9 persen berisiko sedang
  • besar dari 20 persen berisiko tinggi.

Hasil tersebut bisa digunakan sebagai pertanda atau penentu langkah Anda selanjutnya. Orang dengan kategori risiko kecil, sebenarnya tidak membutuhkan perawatan maupun pengobatan. Namun, kelompok ini harus selalu menjalankan gaya hidup sehat untuk tetap mempertahankan kondisi jantungnya.

Sedangkan pada kelompok batas risiko, sedang, dan tinggi dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis jantung dan pembuluh darah. Biasanya, dokter akan melakukan CT Scan jantung tanpa kontras untuk melihat kondisi plak aterosklerosis di jantung dan pembuluh darah. Plak yang menumpuk akan sangat berbahaya bagi kesehatan jantung manusia.

Selain bisa mendapatkan gambaran mengenai kondisi jantung dan kemungkinan risiko yang mungkin terjadi, pemeriksaan jantung ini juga digunakan dokter untuk menentukan apakah orang tersebut perlu mengonsumsi obat statin untuk mencegah terjadinya serangan jantung.

Saat Anda mengetahui telah masuk ke dalam kelompok berisiko, segeralah melakukan upaya-upaya untuk memperbaiki kondisi Anda. Jangan sampai kondisi itu terus bergulir sehingga meningkatkan risiko serangan jantung secara tiba-tiba.

Sementara mereka yang masih dalam kelompok aman setelah melakukan pemeriksaan jantung, disarankan agar mengubah atau tetap menjaga pola hidup sehat, seperti mengurangi asupan lemak jenuh, mengonsumsi kalori seimbang, makanan bernutrisi tinggi, dan berolahraga minimal 30 menit sebanyak lima kali dalam seminggu. Pola hidup sehat ini termasuk menjaga istirahat dan tidur yang cukup serta tidak merokok.

Read More

Bibir Dower Tiba-tiba? Ini Kemungkinan Penyebabnya

Anda memiliki bibir dower tiba-tiba dan tidak biasa? Hal ini mungkin disebabkan karena adanya pembengkakan yang disebabkan oleh peradangan atau penumpukan cairan di bawah kulit bibir. Ada banyak hal yang dapat menyebabkan bibir dower atau bengkak, mulai dari kondisi kulit ringan hingga reaksi alergi yang parah. Artikel ini akan membahas kemungkinan-kemungkina penyebab bibir dower, gejala tambahan, serta kapan Anda harus mulai mencari bantuan medis.

Salah satu penyebab bibir dower adalah reaksi alergi parah yang disebut anaphylaxis. Semua jenis alergi dapat menyebabkan anaphylaxis, dan kondisi ini dapat terjadi hanya dalam waktu beberapa menit saja saat seseorang mendapatkan paparan terhadap alergen. Kondisi ini terkadang disebut dengan istilah syok anaphylactic karena dapat menyebabkan sistem kekebalan tubuh membanjiri tubuh dengan zat kimia yang dapat membuat Anda syok. Gejala lain dari anaphylaxis adalah tekanan darah yang rendah, saluran pernapasan yang menyempit, lidah dan tenggorokan yang bengkak, pingsan, dan denyut nadi cepat dan lemah. Anaphylaxis membutuhkan perawatan segera berupa suntikan epinephrine. Selain anaphylaxis, penyebab bibir dower lain di antaranya adalah:

  • Alergi

Alergi merupakan reaksi tubuh setelah mendapatkan paparan zat-zat tertentu. Saat Anda terkena sesuatu yang membuat alergi, tubuh akan memproduksi zat kimia bernama histamine. Pelepasan histamine ini dapat menyebabkan gejala alergi klasik, seperti bersin, kulit yang gatal, dan peradangan. Peradangan inilah yang dapat menyebabkan bibir dower. Ada beberapa jenis atau tipe alergi, dan semuanya berpotensi untuk membuat Anda memiliki bibir dower, seperti alergi lingkungan (serbuk sari, debu, dan bulu hewan) dan alergi makanan (telur, kacang, produk berbahan susu, dan makanan laut).

  • Angioedema

Angioedema adalah sebuah kondisi jangka pendek yang dapat menyebabkan pembengkakan jauh di bagian bawah kulit. Kondisi ini dapat disebabkan oleh alergi, reaksi obat non-alergi, atau kondisi turunan. Pembengkakan dapat memengaruhi bagian tubuh manapun, namun kasus yang paling umum dijumpai memiliki pembengkakan pada bagian bibir dan mata. Gejala lain dari angioedema adalah rasa gatal, rasa sakit, dan bisul.

Gejala angioedema biasanya akan bertahan selama 24 hingga 48 jam. Kondisi ini dapat dirawat menggunakan suntukan antihistamine, corticosteroid, dan atau suntikan epinephrine. Dokter Anda dapat membantu menentukan pengobatan yang tepat berdasarkan penyebab dan seberapa parah angioedema Anda. Angioedema yang disebabkan karena faktor keturunan dan bersifat non-alergi biasanya memberikan respon baik terhadap perawatan corticosteroid.

  • Cidera

Cidera pada wajah, terutama di sekitar mulut dan rahang, dapat menyebabkan bibir dower. Beberapa penyebab cidera wajah seperti tergores, bibir tergigit, luka bakar, dan trauma akibat pukulan benda tumpul. Tergantung jenis dan penyebab cidera, bibir dower dapat ditemani dengan gejala lain seperti lebam dan berdarah.

Untuk merawat bibir dower akibat cidera tergantung pada penyebab utamanya. Untuk cidera yang ringan, dengan menempatkan kompres es pada daerah yang meradang dapat mengatasi rasa sakit yang ditimbulkan. Anda juga dapat menggunakan panas untuk mengurangi pembengkakan. Apabila goresan luka terlalu dalam dan Anda tidak dapat menghentikan pendarahan, mintalah bantuan petugas medis. Perhatikan juga tanda-tanda infeksi seperti pembengkakan, rasa panas, tanda kemerahan. Beri tahu petugas medis apabila Anda menyadari ada tanda-tanda tersebut.

Beberapa hal tersebut di atas adalah penyebab bibir dower dengan tiba-tiba, mulai dari alergi umum hingga kondisi genetik langka. Konsultasikan dengan dokter Anda untuk mengetahui penyebab bibir dower dengan pasti agar bisa mendapatkan perawatan yang dibutuhkan segera.

Read More

Muntah Saat Puasa? Sebaiknya Lakukan Hal Ini

Muntah saat puasa bisa terjadi karena riwayat gangguan pencernaan

Orang-orang yang melakukan ibadah puasa tentunya harus menerapkan pola hidup yang berbeda. Cara menerapkan pola hidup yang berbeda adalah dengan menahan rasa lapar atau haus sejak sahur hingga waktunya berbuka. Tentunya hal ini merupakan hal yang sulit dilakukan bagi sebagian orang, karena mereka mungkin mengalami gangguan pencernaan seperti muntah saat puasa.

Penyebab Muntah Saat Puasa

Muntah saat puasa bisa saja terjadi jika seseorang punya riwayat gangguan pencernaan. Selain itu, orang-orang mungkin tidak menjaga pola makan secara teratur ketika makan pada waktu sahur atau berbuka puasa. Faktor lain seperti bahan kimia juga dapat memicu reaksi alergi sehingga dapat menyebabkan seseorang muntah.

Biasanya, orang-orang yang tidak menerapkan pola makan yang teratur dapat memicu terjadinya gangguan pada pencernaan sehingga dapat membuat mereka muntah. Oleh karena itu, berikut adalah beberapa penyebab muntah yang sebaiknya Anda ketahui jika mengkonsumsi makanan di saat sahur atau berbuka puasa:

  • Konsumsi makanan secara berlebihan

Orang-orang yang mengalami gejala muntah ketika sahur atau berpuasa disebabkan karena mengkonsumsi makanan secara berlebihan. Secara logika, ketika lambung tidak cukup menampung makanan dan mereka masih mengkonsumsi makanan, maka sistem pencernaan akan terpaksa mengeluarkan apa yang telah mereka konsumsi.

  • Konsumsi makanan berminyak

Konsumsi makanan berminyak adalah faktor lain yang perlu Anda waspadai, karena juga dapat membuat Anda muntah. Makanan berminyak terdapat kandungan lemak yang tinggi, dan jika Anda mengkonsumsi terlalu banyak makanan berminyak, maka perut akan memproses pencernaan dengan lambat.

  • Cenderung konsumsi makanan pedas

Penyebab lain orang-orang bisa muntah saat puasa adalah mengkonsumsi makanan pedas secara berlebihan. Makanan pedas adalah salah satu penyebab masalah kesehatan, termasuk muntah. Orang-orang yang mengalami gangguan pencernaan seperti asam lambung tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan pedas.

  • Langsung tidur setelah sahur

Penyebab lain yang dapat membuat orang muntah adalah langsung tidur setelah makan saat sahur, terutama pada orang yang mengalami peningkatan asam lambung atau GERD (Gastroesophageal reflux disease).

Cara Mengatasi Muntah Saat Puasa

Untuk mencegah muntah saat puasa, Anda perlu menerapkan pola makan yang teratur. Berikut adalah beberapa cara yang perlu Anda terapkan:

  • Makan secukupnya dan tidak berlebihan

Salah satu cara yang dapat Anda lakukan adalah mengkonsumsi makanan secukupnya dan tidak berlebihan. Selain itu, Anda perlu mengunyah makanan secara perlahan supaya lambung dapat mencerna makanan dengan baik.

  • Hindari makanan pedas atau berminyak

Saat Anda makan pada waktu sahur, Anda sebaiknya konsumsi makanan yang bergizi seperti daging merah untuk memenuhi nutrisi di dalam tubuh. Selain itu, Anda jangan mengkonsumsi makanan pedas atau berminyak secara berlebihan, apalagi jika Anda mengalami gangguan pencernaan seperti asam lambung.

  • Konsumsi makanan yang hambar atau tanpa rasa

Anda juga sebaiknya mengkonsumsi makanan yang hambar atau tanpa rasa seperti roti tawar atau biskuit jika ingin menjaga kesehatan. Makanan hambar atau tanpa rasa dapat menyerap asam lambung dan menenangkan perut supaya Anda tidak merasa mual atau muntah.

  • Jangan langsung tidur setelah makan

Setelah selesai mengkonsumsi makanan, Anda sebaiknya jangan langsung tidur, karena bisa membuat Anda muntah. Anda perlu beri waktu bagi sistem pencernaan untuk mencerna apa yang telah Anda konsumsi.

Itulah cara yang dapat Anda lakukan untuk mencegah gejala muntah saat puasa. Anda perlu terapkan pola makan yang teratur untuk menjaga kesehatan. Jika Anda muntah dan terkena gejala lain seperti sakit kepala berat, demam, atau kram di perut, Anda sebaiknya hubungi dokter supaya masalah tersebut segera diatasi.

Read More

Mengenal Misteri Lesung Pipi

Apakah Anda memiliki lesung pipi? Pemanis wajah ini adalah lekukan kecil yang dapat ditemukan di salah satu atau kedua sisi pipi. Dikenal dengan istilah “dimple”, lekukan kecil ini tidak hanya ditemukan di pipi, tetapi juga dapat muncul di dagu dan punggung bawah. Mungkin Anda sudah memperhatikan bahwa tidak semua orang memiliki lesung pipi. Hal ini dikarenakan lesung pipi terbentuk karena adanya perbedaan pada otot dan kulit wajah. Bahkan, lesung pipi sering dianggap sebagai kondisi keturunan, dan secara genetis dianggap sebagai ciri yang dominan. Namun, banyak perdebatan mengenai hal tersebut.

Bagaimana lesung pipi terbentuk?

Lesung pipi terkadang disebabkan karena adanya perubahan di otot wajah yang disebut zygomaticus major. Otot ini memegang peran penting dalam ekspresi wajah. Otot ini membantu mengangkat sudut mulut ketika Anda sedang tersenyum. Pada orang-orang yang tidak memiliki lesung pipi, otot zygomaticus major bermula dari tulang yang ada di pipi dan disebut tulang zygomatic. Otot ini kemudian turun ke bawah dan menyambung ujung mulut Anda. Pada orang-orang dengan lesung pipi, otot zygomaticus major terbagi ke dalam dua ikatan otot saat turun ke mulut. Satu ikatan bersambungan dengan ujung mulut, sementara ikatan lainnya berhubungan dengan mulut dan kulit di atasnya. Percabangan otot ini disebut dengan otot zygomaticus major ganda. Pergerakan kulit di atas zygomaticus major ganda saa Anda tersenyum akan membuat lesung pipi terbentuk. Karena lesung pipi merupakan hasil dari variasi otot yang terbentuk saat perkembangan janin, kondisi ini sering dianggap sebagai cacat bawaan lahir. Penting untuk diingat bahwa lesung pipi merupakan hal yang biasa terjadi, dan tidak memiliki efek negatif terhadap kesehatan.

Banyak orang menganggap bahwa lesung pipi merupakan sifat bawaan yang dominan. Namun, sangat sedikit penelitian yang membahas tentang genetik lesung pipi. Sulit untuk diketahui dan disimpulkan apakah lesung pipi merupakan sesuatu yang diwariskan atau tidak. Orang-orang dengan lesung pipi memang sering memiliki anak dengan lesung pipi juga. Hal ini mengindikasikan bahwa ada kemungkinan lesung pipi merupakan sifat bawaan yang dominan. Namun, tidak semua pasangan dengan lesung pipi memiliki anak dengan lesung pipi pula.

Selain itu, meskipun banyak orang akan memiliki lesung pipi seumur hidup mereka, beberapa kasus menunjukkan bahwa lesung pipi dapan berubah setelah beberapa waktu. Seseorang yang memiliki lesung pipi saat masih anak-anak mungkin akan kehilangan lesung pipi saat mereka beranjak dewasa. Begitu pula sebaliknya, anak-anak yang terlahir tanpa lesung pipi mungkin akan mengembangkan lesung pipi saat mereka tumbuh dewasa. Karena pola faktor keturunan pada lesung pipi sangat tidak dapat diprediksi, beberapa peneliti mengklasifikasikan lesung pipi sebagai sifat dominan tidak teratur. Hal ini berarti lesung pipi, dalam sebagian kasus dan tidak semuanya, merupakan hasil dari sifat turunan dominan. Penelitian lanjutan dibutuhkan untuk mengonfirmasi hal ini.

Apakah lesung pipi merupakan sebuah “cacat” yang menarik? Beberapa orang akan menganggap bahwa lesung pipi membuat senyum seseorang terlihat lebih muda dan menarik. Lesung pipi sering diasosiasikan sebagai bagian dari pemanis wajah dan bahkan tanda keberuntungan di beberapa budaya. Sebuah studi menunjukkan bahwa pria lebih tertarik pada wanita dengan ciri-ciri wajah yang mirip dengan mereka, seperti warna mata, warna rambut, dan lesung pipi. Ada kemungkinan, orang dengan lesung pipi akan lebih tertarik dengan orang yang memiliki kondisi serupa.

Read More

Alcohol Swab

Salah satu cara untuk melindungi diri dari virus Corona atau COVID-19 adalah dengan mencuci tangan dengan sabun atau menggunakan hand sanitizer. Selain itu, alcohol swab juga merupakan salah satu persediaan yang dibutuhkan masyarakat untuk membersihkan permukaan benda seperti handphone.

Alcohol swab tentunya sangat dibutuhkan di rumah sakit dan permintaannya tidak kalah tinggi dengan keperluan pribadi. Alcohol swab adalah benda yang penting untuk digunakan di fasilitas kesehatan untuk mensterilkan permukaan kulit manusia yang akan disuntik.

Kulit manusia yang disterilkan adalah salah satu prosedur untuk menangani pasien yang mengalami virus Corona. Alcohol swab diperlukan supaya untuk mencegah bakteri menyebar ke tubuh manusia atau masuk ke dalam kulit. Hingga hari Rabu, 1 April 2020, sudah terdapat 1.528 kasus virus Corona di Indonesia, dan mengakibatkan 136 orang meninggal dunia.

Fakta Tentang Alcohol Swab

Alcohol swab merupakan benda seperti tisu basah, namun mengandung isopropil alkohol sebesar 70% sebagai bahan aktif untuk membunuh bakteri. Anda dapat menemukan benda tersebut ketika Anda memesan galon untuk keperluan rumah tangga. Sebelum Anda menggantikan galon, Anda perlu membersihkan galon yang akan dipakai dengan alcohol swab supaya menghilangkan bakteri.

Alcohol swab sebenarnya digunakan sebagai bahan antiseptik di fasilitas kesehatan. Alcohol swab tidak hanya digunakan untuk membersihkan permukaan kulit pasien sebelum disuntik, namun juga dapat digunakan untuk membersihkan luka gores.

Alcohol swab dapat digunakan untuk membersihkan luka gores manusia, namun dalam skala ringan. Selain itu, isopropil alkohol yang ada pada alcohol swab dapat digunakan untuk membantu mengurangi rasa sakit pada otot.

Walaupun alcohol swab praktis untuk digunakan dan dapat dibawa ke mana saja, Anda juga perlu pahami bahwa alcohol swab:

  • Merupakan salah satu bahan yang mudah terbakar.
  • Hanya dapat digunakan untuk membersihkan permukaan kulit manusia bagian luar dan tidak dapat digunakan untuk bagian dalam kulit.
  • Harus digunakan di ruangan yang memiliki sirkulasi udara yang baik, karena memiliki sifat racun ketika manusia menghirup udara yang terpapar bahan tersebut.
  • Tidak untuk dikonsumsi, karena dapat mengganggu pernafasan manusia.

Alcohol swab juga sangat berbahaya ketika digunakan pada bagian mata dan area kulit yang luas. Anda perlu menggunakannya dengan hati-hati, terutama jika sedang menggunakannya di depan anak, karena dapat membahayakan tubuh. Anda juga perlu buang bahan tersebut secepatnya setelah Anda menggunakannya.

Gejala Yang Disebabkan Oleh Alcohol Swab

Agar melindungi diri dari kandungan berbahaya seperti alkohol swab, Anda juga perlu ketahui gejala yang akan terjadi jika Anda menggunakannya dengan sembarangan. Gejala-gejala tersebut antara lain:

  • Sesak nafas.
  • Tenggorokan membengkak sehingga jalan nafas tertutup.
  • Bentol-bentol pada kulit.
  • Bengkak pada bagian wajah.
  • Iritasi.
  • Luka bakar.
  • Rasa perih di kulit.

Penggunaan Alternatif Selain Alcohol Swab

Anda sebaiknya jangan menggunakan alcohol swab untuk membersihkan benda-benda seperti handphone, namun Anda sebaiknya gunakan semprotan disinfektan, karena memiliki fungsi yang sama, yaitu mencegah virus yang terkontaminasi di permukaan benda.

Anda sebenarnya dapat membuat disinfektan sendiri. Caranya dengan mencampurkan 5 sendok makan pemutih pakaian dan air sebanyak 3,5 Liter. Anda juga bisa menggunakan alkohol sebesar 70% yang tersedia di toko-toko.

Setelah Anda membuatnya, Anda dapat menyemprot sedikit ke kapas atau tisu, kemudian usapkan ke benda-benda yang Anda pikir terkontaminasi virus Corona. Dengan cara ini Anda mencegah diri untuk membeli barang kebutuhan secara berlebihan, namun juga membantu tenaga medis dengan tidak membeli alcohol swab.

Read More