Category Hidup Sehat

Perbedaan Makanan Organik dan Konvensional yang Perlu Diketahui

Secara khusus, perbedaan makanan organik dan konvensional mengacu pada cara petani menanam dan memproses makanan tersebut.

Saat ini, banyak orang berbondong-bondong membeli makanan yang berlabel ‘organik’ dengan anggapan bahwa makanan organik itu lebih sehat. Misalnya saja, Anda mungkin lebih memilih sebuah apel merah organik dibandingkan apel merah yang berkilau? Namun, apakah sebenarnya apel organik yang Anda pilih ini lebih sehat? Apakah rasanya lebih enak? Untuk itu, Anda sebaiknya memahami lebih banyak perbedaan makanan organik dan konvensional berikut ini.

Memahami perbedaan makanan organik dan konvensional

Secara khusus, perbedaan makanan organik dan konvensional mengacu pada cara petani menanam dan memproses makanan tersebut. Metode pertanian organik memiliki cara yang berbeda dari pertanian konvensional, meliputi:

Pertanian organik

  • Menggunakan kompos atau kotoran hewan untuk menyuburkan tanah.
  • Memanfaatkan serangga dan burung, gangguan kawin, atau jebakan untuk membasmi hama.
  • Mengelola gulma dengan rotasi tanaman, gulma tangan, atau mulsa.
  • Memberi makan hewan ternak dengan pakan organik, membiarkannya berkeliaran. Selain itu, memastikan hewan mengonsumsi makanan yang seimbang dan tinggal di kandang yang bersih.

Pertanian konvensional

  • Menggunakan pupuk kimia untuk meningkatkan pertumbuhan tanaman. 
  • Menyemprot pestisida untuk membasmi hama.
  • Menggunakan herbisida kimia untuk mengelola gulma.
  • Memelihara hewan dengan menyuntikkan hormon dan obat-obatan, seperti antibiotik, untuk mendorong pertumbuhan dan menghindari hewan sakit.

Inilah perbedaan makanan organik dan konvensional yang bisa Anda pahami dengan jelas. Hal yang perlu Anda ketahui adalah tidak semua makanan organik mendapatkan sertifikasi, meskipun semua makanan bersertifikat dari USDA adalah organik. Ini karena lembaga resmi (USDA) tersebut mengesahkan produk organik sesuai dengan pedoman yang ketat. Petani organik harus mengajukan permohonan sertifikasi, lulus ujian, dan membayar biayanya.

Lalu, apakah makanan organik lebih baik?

Menurut pedoman USDA, metode pertanian organik dirancang untuk mengurangi polusi serta menghemat air dan tanah. Metode ini tidak melepaskan pestisida sintetis yang dapat membahayakan satwa liar dan berupaya melestarikan keanekaragaman hayati dan ekosistem lokal. Selain itu, makanan organik juga dikenal tidak ada bahan aditif atau pengawetnya, serta tidak dilakukan modifikasi genetik.

Tentu, jika Anda membeli makanan organik, itu karena Anda menginginkan makanan yang lebih sehat. Banyak orang memilih makanan organik untuk menghindari risiko penyakit yang berkaitan dengan pestisida, herbisida, dan bahan kimia lain yang digunakan dalam pertanian konvensional. Tidak sedikit pula orang tua yang mungkin khawatir akan bahaya paparan bahan kimia terhadap anak-anak. Terlebih lagi, penelitian dari Emory University Health Sciences Center tahun 2017 membuktikan bahwa mengonsumsi makanan organik dapat menurunkan paparan pestisida pada anak-anak.

Sebuah penelitian dari UC Davis menunjukkan kandungan zat gizi yang lebih tinggi pada beberapa jenis makanan organik. Studi lain dari Newcastle University menunjukkan susu organik mengandung 67% lebih banyak vitamin dan antioksidan, serta lebih banyak omega-3 dan omega-6 (lemak tak jenuh) daripada susu konvensional. Inilah mengapa makanan organik dianggap jauh lebih sehat dibandingkan makanan konvensional. Meskipun begitu, perbedaan makanan organik dan konvensional tetap terletak pada cara pengolahan makanan tersebut oleh para petani.

Mengapa harga makanan organik lebih mahal?

Jelas terlihat dari harganya, makanan organik akan lebih mahal dibandingkan makanan konvensional. Alasannya adalah:

  • Petani organik membayar lebih mahal untuk mendapatkan pakan ternak organik.
  • Pertanian organik mengutamakan kualitas dengan cara menghindari pupuk dan pestisida kimia. Alhasil, membutuhkan biaya yang lebih besar dan lebih mahal untuk mendapatkan kompos dan kotoran hewan. 
  • Hasil panen pertanian organik biasanya lebih rendah. 
  • Pertanian konvensional menggunakan setiap hektar lahannya untuk bercocok tanam, sedangkan pertanian organik menggilir tanaman untuk menjaga kesehatan tanah.

Semua hal ini yang membuat pertanian organik cenderung lebih mahal daripada pertanian konvensional. Namun ingatlah, perbedaan makanan organik dan konvensional sebenarnya hanyalah dari metode pertaniannya saja, bukan soal sehat atau tidaknya makanan tersebut. Ada banyak faktor yang berperan dalam menentukan makanan yang Anda konsumsi itu sehat atau tidak, termasuk teknik memasak yang Anda gunakan.

Read More

5 Manfaat Virtual Reality untuk Dunia Kesehatan

manfaat virtual reality

Virtual reality merupakan teknologi yang membuat penggunanya mampu berinteraksi dengan lingkungan 3 dimensi. Dengan simulasi komputer, pengguna virtual reality seakan masuk ke dalam lingkungan 3 dimensi tersebut seolah-olah seperti berada di dunia nyata. Manfaat virtual reality saat ini lebih banyak diimplementasikan untuk industri game. Namun sebenarnya, banyak manfaat lain yang dapat digali dengan teknologi ini.

Belakangan, manfaat virtual reality mulai dilirik oleh dunia medis. Pasalnya, alat yang mampu menghadirkan interaksi 3 dimensi ini dinilai mampu menangani beberapa keluhan penyakit yang dialami pasien. Hanya saja memang karena harga teknologinya yang tinggi, pengimplementasian manfaat virtual reality masih sangat terbatas.

Anda mungkin penasaran mengenai manfaat teknologi ini bagi kesehatan. Berikut ini adalah beberapa penggunaan virtual reality yang sudah mulai diterapkan dalam dunia medis.

  • Mengatasi Nyeri

Virtual reality mulai digunakan sebagai alternatif dari penggunaan obat pereda nyeri. Pemakaian teknologi ini dipandang bisa meminimalkan risiko efek samping dari obat pereda nyeri. Lewat virtual reality, pasien dibenamkan ke dunia virtual sehingga fokus mereka dari rasa sakit dapat teralihkan dan tidak terlalu terasa. Manfaat virtual reality inipun mulai diterapkan untuk pasien dengan nyeri kronis ataupun pasien pasca-operasi. Salah satu tes pada pasien-pasien luka bakar, penggunaan virtual reality mampu mengurangi rasa nyeri berkisar 35—50 persen.

  • Meredakan Depresi

Dunia medis mulai memanfaatan virtual reality untuk mengatasi kebosanan pasien yang dirawat lama di rumah sakit. Pasalnya, pasien-pasien yang terlalu lama dirawat kerap mengalami stres hingga depresi. Manfaat virtual reality adalah kemampuannya mengurangi dampak ini. Game virtual reality mampu membantu menghibur pasien saat mereka harus “terperangkap” di rumah sakit. 

  • Mengobati Fobia

Virtual reality ternyata sudah mulai digunakan sebagai terapi untuk mengatasi trauma dan fobia sejak di pertengahan tahun 1990-an. Hanya saja, saat itu teknologinya belum secanggih saat ini. Manfaat virtual reality ini pun kini mulai digunakan kembali untuk mengobati pasien dengan beragam fobia. Lewat pengalaman sensorik, tim medis mampu melakukan teknik eksposur progresif yang lebih efektif guna menghilangkan fobia yang dialami pasien. Secara lebih sederhana, paparan objek ketakutan secara bertahap di lingkungan virtual saat pasien menggunakan virtual reality dapat membantu meredakan fobia dalam kehidupan nyata.

  • Pemulihan Pasca Stroke

Manfaat virtual reality lainnya mulai digunakan untuk pemulihan pasien pasca stroke. Dengan virtual reality, pasien stroke mampu memperoleh terapi fisik yang berpengaru pada kemampuan gerak. Ini karena lewat dunia virtual, pasien kembali belajar mengontrol dan mengukur lingkungan serta memberikan umpan balik untuk menanggapinya. Alhasil, pasien akan lebih percaya diri untuk melakukan hal yang sama di dunia nyata sehingga berpengaruh pada kecepatan pemulihannya.

  • Program Kebugaran Pribadi

Melakukan olahraga yang seusai kondisi tubuh menjadiu terapi paling akhir yang dilakukan oleh dunia medis jika seorang pasien sudah berangsur sembuh. Beberapa rumah sakit mulai mempraktikkan terapi olahraga bagi pasien ini lewat virtual reality. Dengan aplikasi kebugaran tertentu, Anda bisa melatih kebugaran melalui virtual reality yang disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan Anda. Program kebugaran lewat virtual reality dapat membantu mengajari Anda sekaligus menjadikan latihan menjadi serangkaian permainan yan tidak membosankan. Dengan aplikasi ini, diharapkan kesehatan pasien secara keseluruhan dapat meningkat sekaligus mencegah masalah kesehatan di masa mendatang.

***

Teknologi terus berkembang dan bisa dimanfaatkan oleh banyak sektor. Ini tidak terkecuali bagi manfaat virtual reality. Tertarik menjajal manfaat dari teknologi ini?

Read More

Cara Membersihkan Usus Kotor Secara Alami

Salah satu organ penting dalam sistem pencernaan adalah usus atau disebut juga usus besar. Kesehatan usus besar adalah bagian penting dari kesehatan pencernaan. Namun bagaimana cara membersihkan usus kotor?

Beberapa profesional mengklaim usus besar harus dibersihkan untuk kesehatan pencernaan yang optimal. Namun, penelitian yang membuktikan efektivitas pembersihan masih sedikit dan berkualitas rendah.

Namun, aspek-aspek tertentu dari membersihkan usus besar cukup bermanfaat. Hal ini dapat membantu masalah seperti sembelit atau buang air besar tidak teratur, dan ada beberapa bukti bahwa pembersihan juga dapat mengurangi resiko kanker usus besar. 

Terdapat beberapa cara untuk membersihkan usus besar kotor. Anda bisa membeli produk pembersih usus besar, atau Anda bahkan bisa mendapatkan irigasi usus besar atau enema. Jika tidak, Anda dapat melakukan hal-hal sederhana untuk meningkatkan atau “membersihkan” kesehatan usus besar secara alami di rumah.

Berikut cara sederhana membersihkan usus besar alami yang dapat dilakukan di rumah:

  • Minum air

Minum banyak air dan tetap terhidrasi adalah cara yang bagus untuk mengatur pencernaan. “Water flush” dapat dilakukan sebagai cara untuk membersihkan usus besar yang kotor, Anda hanya perlu minum enam hingga delapan gelas air hangat per hari.

Anda juga disarankan untuk makan banyak makanan tinggi kandungan air, hal ini termasuk buah dan sayuran seperti semangka, tomat, selada, dan seledri.

  • Diet tinggi serat

Serat adalah makronutrien esensial yang sering diabaikan dalam makanan. Serat dapat ditemukan secara keseluruhan pada makanan nabati yang sehat seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan, dan banyak lagi. Tanaman mengandung selulosa dan serat membantu “mengumpulkan” materi berlebih di usus besar Anda. Mereka juga mengatur sembelit dan usus yang terlalu aktif, sekaligus meningkatkan bakteri bermanfaat sebagai prebiotik.

Pastikan untuk makan banyak makanan berserat tinggi, yang membantu kesehatan usus besar. Mereka juga bagus untuk bakteri usus.

  • Probiotik

Menambahkan probiotik ke dalam makanan adalah cara lain untuk membersihkan usus besar yang kotor. Probiotik juga meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan. Anda bisa mendapatkan lebih banyak probiotik dengan mengonsumsi suplemen probiotik. Selain itu, makanlah banyak makanan kaya probiotik, seperti yogurt, kimchi, acar, dan makanan fermentasi lainnya.

Probiotik memasukkan bakteri baik ke usus dengan bantuan serat dan pati resisten. Hal ini mengekang peradangan dan meningkatkan keteraturan, dua elemen kesehatan pencernaan yang berhubungan dengan usus besar.

  • Teh herbal

Mencoba beberapa teh herbal dapat membantu kesehatan pencernaan melalui usus besar. Herbal pencahar seperti psyllium, aloe vera, akar marshmallow, dan slippery elm dapat membantu mengatasi sembelit. 

Cara membersihkan usus besar kotor secara alami dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan, namun masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut apakah mereka benar-benar “membersihkan” usus besar. Terlepas dari itu, bicarakan dengan dokter Anda untuk memastikan bahwa Anda memiliki pengalaman terbaik dalam menggunakannya.

Read More

Pasang Tampon Hidung

Pasang tampon hidung merupakan tindakan medis yang dilakukan dengan menggunakan kasa steril untuk mencegah hidung mimisan. Mimisan merupakan keluarnya darah yang berasal dari jaringan yang menutupi bagian dalam hidung manusia.

Mengapa Perlu Pasang Tampon Hidung?

Mimisan juga disebut sebagai epistaksis. Masalah tersebut merupakan masalah yang umum terjadi pada manusia. Menurut sebuah penelitian, setidaknya 60% manusia pernah mengalami hidung mimisan sekali dalam hidupnya. Meskipun demikian, mimisan lebih sering terjadi pada anak-anak yang berusia di bawah 10 tahun.

Oleh karena itu, pasang tampon hidung diperlukan jika kondisi hidung mereka cukup parah. Caranya dengan menggunakan kasa steril untuk menutupi bagian lubang hidung yang mengalami pendarahan. Kasa steril dapat memberikan tekanan pada dinding septum yang memisahkan lubang hidung kiri dan kanan dan menyerap darah.

Penyebab Epistaksis

Sebagian orang merasa bahwa mimisan merupakan gangguan kecil dimana gangguan tersebut tidak disertai dengan penyakit tertentu. Di sisi lain, para peneliti menyatakan bahwa mimisan bisa saja disebabkan oleh penyakit seperti leukemia. Tidak hanya itu, mimisan sama seperti penyakit lain dimana hal tersebut juga bisa menyebabkan kematian.

Selain disebabkan karena penderita mengalami penyakit tertentu, berikut adalah penyebab yang memungkinkan penderita mengalami pendarahan pada hidung:

  • Kebiasaan mengupil.
  • Meniup hidung terlalu keras.
  • Reaksi alergi.
  • Penggunaan alkohol.
  • Berada di tempat yang tinggi.

Jenis Epistaksis

Dalam istilah medis, epistaksis dibagi menjadi dua jenis, antara lain:

  • Epistaksis anterior

Epistaksis anterior merupakan jenis mimisan yang disebabkan oleh pendarahan dari bagian depan hidung, tepatnya berada di bawah dinding septum. Jenis mimisan ini sering dialami anak-anak, namun akan berhenti sendiri.

  • Epistaksis posterior

Epistaksis posterior merupakan jenis mimisan yang disebabkan oleh adanya pendarahan dari pembuluh darah yang lebih besar pada hidung bagian belakang, yang terletak di dekat tenggorokan. Jenis mimisan ini lebih berbahaya dibandingkan dengan epistaksis anterior dimana masalah tersebut dapat menyebabkan pendarahan mengalir ke belakang tenggorokan, dan hal tersebut sering dialami oleh orang dewasa sehingga perlu ditangani secepatnya.

Oleh karena itu, jika Anda mimisan, Anda perlu waspada dan segera tutupi hidung Anda dengan tisu atau kasa steril. Anda perlu melakukan pasang tampon hidung jika Anda:

  • Mimisan berulang kali.
  • Mimisan terus terjadi setelah 20 menit walaupun sudah mencoba menutupi hidung dengan tisu atau kain.
  • Mimisan akibat cedera.

Prosedur Pasang Tampon

Prosedur pasang tampon hidung adalah sebagai berikut:

  • Dokter akan memasukkan kasa, spons hidung, atau balon lateks yang dapat diterapkan ke dalam hidung.
  • Materi yang digunakan akan menekan bagian pembuluh darah yang memicu pendarahan.
  • Tampon hidung perlu dibiarkan selama 1 hingga 2 hari.
  • Setelah itu, pasien perlu melakukan pertemuan lagi dengan dokter untuk melepaskan tampon hidung.

Pengobatan

Untuk mengobati hidung berdarah, pasien tidak hanya menggunakan tampon hidung. Pasien juga dapat menggunakan obat yang dapat mengatur tekanan darah yang ada di dalam hidung. Obat yang dapat digunakan adalah obat yang mengandung asam traneksamat.

Pencegahan

Selain pengobatan, berikut adalah beberapa cara yang dapat pasien lakukan untuk mencegah pendarahan pada hidung:

  • Beristirahat yang cukup.
  • Bersandar atau berbaring untuk mencegah darah keluar dari hidung.
  • Hindari kebiasaan buruk yang dapat membuat hidung berdarah seperti mengkonsumsi minuman keras.

Kesimpulan

Pasang tampon hidung merupakan prosedur medis yang dibutuhkan jika kondisi hidung pasien digolongkan sebagai kondisi yang cukup parah. Langkah-langkah untuk melakukan prosedur tersebut sederhana. Untuk mencegah hal tersebut terjadi lagi, pasien sebaiknya terapkan cara-cara yang disebutkan di atas.

Read More

Manfaat Andaliman, Rempah Asal Batak yang Populer sebagai Obat Herbal

Manfaat Andaliman, Rempah Asal Batak yang Populer sebagai Obat Herbal

Andaliman merupakan rempah yang masuk dalam suku jeruk-jerukan. Disebut sebagai ‘merica batak’ karena memang rempah ini begitu terkenal di Sumatera Utara. Masakan khas Batak Toba seperti arsik (ikan bumbu kuning), saksang (gulai daging babi), hingga mi gomak menggunakan andaliman sebagai bumbu penyedap. Pada sajian sambal, andaliman juga kerap digunakan untuk menambah rasa pedas. Tidak hanya untuk bumbu masakan, andaliman juga kerap digunakan sebagai komposisi pengobatan alternatif. Menurut beberapa tradisi, andaliman dinilai ampuh meredakan nyeri gigi dan mulut. Sebagian besar digunakan untuk obat. Beberapa manfaat dari andaliman di antaranya:

  1. Obat alternatif

Dari segi pengobatan alternatif, andaliman banyak digunakan untuk mengobati penyakit seperti sakit gigi, malaria, masalah tidur, luka terbuka, infeksi jamur, hingga batuk. Meski demikian, perlu diingat bahwa pengobatan alternatif masih perlu penelitian lebih jauh untuk membuktikan validitasnya.

  1. Potensi mengatasi peradangan

Andaliman biasanya digunakan untuk mengatasi masalah nyeri pada mulut atau sakit gigi. Ini tak lepas dari manfaat analgesik andaliman yang dapat meredakan inflamasi.Dalam uji laboratorium terhadap tikus, suntikan Zanthoxylum selama 7 hari terbukti mengurangi peradangan dan menurunkan jumlah sel darah putih mereka. Namun masih perlu penelitian lebih lanjut untuk membuktikan manfaat yang sama pada manusia.

  1. Potensi mengatasi masalah pencernaan

Andaliman juga berpotensi mengatasi masalah pencernaan seperti diare, maag, hingga tukak lambung. Dalam uji laboratorium terhadap tikus, inflamasi dinding lambung yang diberi ekstrak batang dan akar andaliman terbukti membaik.

  1. Potensi antibakteri dan antijamur

Olahan minyak esensial dari andaliman memiliki manfaat antibakteri melawan beberapa patogen penyebab penyakit serta organisme yang membuat makanan membusuk. Tak hanya itu, penelitian lain menemukan bahwa daun, buah, akar, dan kulit andaliman memiliki khasiat antijamur. Manfaat paling efektif diperoleh dari buah dan daunnya.

  1. Aromaterapi alami

Andaliman yang merupakan bagian dari keluarga citrus memiliki aroma yang menenangkan. Di dalamnya, terdapat aroma citrus alami dari terpenes, beta-myrcene, limonene, cineol, dan citronella. Serupa seperti serai dan tanaman lain yang beraroma citrus, menghirupnya bisa meningkatkan mood serta menyegarkan. Andaliman mengandung alkaloid yang bisa menimbulkan reaksi fisiologis. Tidak hanya itu, andaliman juga mengandung alkamide yang menyebabkan rasa kebas di mulut dan lidah. Ini mungkin yang menjadi alasan mengapa andaliman kerap digunakan untuk mengobati sakit gigi. Kemudian, kandungan dalam andaliman memberikan stimulasi yang bisa melebarkan pembuluh darah. Dengan demikian, sirkulasi darah pun menjadi lebih lancar.

Catatan lain adalah kondisi tertentu yang membuat andaliman sebaiknya dihindari. Ibu hamil dan menyusui sebaiknya tidak mengonsumsi andaliman karena keamanan dan berapa dosis yang tepat belum bisa dipastikan. Ada kemungkinan mengalami reaksi alergi seperti munculnya ruam, kulit gatal, bengkak, hingga dada terasa sesak. Jika muncul reaksi alergi, segera hentikan konsumsi andaliman. Selain itu, merica Batak juga bisa mempercepat proses cerna dan berpengaruh terhadap BAB. Beberapa orang mungkin merasakan manfaat untuk mencegah konstipasi, namun bagi yang pencernaannya bermasalah sebaiknya berhati-hati ketika akan mengonsumsi andaliman. Contohnya penderita  penyakit Crohn, ulseratif kolitis, hingga sindrom iritasi usus.

Read More

Yuk Ketahui, Cara Menghitung Tetesan Infus pada Orang Dewasa!

Salah satu skill atau kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang tenaga kesehatan yang profesional adalah menghitung tetesan infus. Memastikan setiap pasien diberikan obat dengan dosis yang tepat adalah tanggung jawab semua pihak, terutama tim medis yang memberikan resep atau arahannya. Oleh sebab itu, penting sekali mengetahui cara menghitung tetesan infus yang benar, agar dosis yang diberikan kepada pasien sesuai dengan kebutuhan dan kondisi tubuhnya.

Macam-macam cairan infus

Sebelum mempelajari cara menghitung tetesan infus, ada baiknya Anda mengetahui macam-macam cairan infus yang digunakan dalam pengobatan medis. Berdasarkan penggunaannya, cairan infus dapat dibedakan menjadi 4 macam, yaitu:

  • Cairan pemeliharaan.

Umumnya, jenis cairan pemeliharaan diantaranya NaCl 0,9%, glukosa 5%, ringer laktat atau asetat, atau glukosa salin. Terapi cairan pemeliharaan ini diberikan pada pasien yang tidak dapat memenuhi kebutuhannya melalui rute enteral.

Tujuan terapi cairan ini untuk menyediakan cukup cairan dan elektrolit dalam tubuh (500 – 1000 mL), mempertahankan status cairan normal tubuh, dan memungkinkan ekskresi residu atau sampah sisa metabolisme tubuh dari ginjal (500 – 1500  mL).

  • Cairan pengganti.

Terapi cairan pengganti ini digunakan untuk menutupi kekurangan cairan atau elektrolit, serta mengatasi gangguan keseimbangan cairan (homeostasis) di dalam tubuh. Misalnya, kehilangan yang tidak normal dari saluran pencernaan (fistula, ileostomy, drainase nasogastrium, dan drainase bedah) atau saluran kencing (saat pemulihan gagal ginjal akut).

  • Cairan infus untuk tujuan khusus.

Jenis cairan yang digunakan adalah cairan kristaloid, misalnya natrium bikarbonat 7,5% dan kalsium glukanas yang digunakan khusus untuk mengatasi gangguan keseimbangan elektrolit.

  • Cairan nutrisi.

Terapi cairan nutrisi biasanya digunakan untuk nutrisi parenteral pada pasien yang kehilangan nafsu makan, tidak boleh makan, atau tidak dapat makan secara oral. Pemberian terapi cairan nutrisi harus memenuhi syarat-syarat berikut.

  • Mengalami masalah dalam penyerapan makanan, seperti atresia intestinal, fistula enterokunateus, kolitis infektiosa, dan obstruksi usus halus.
  • Kondisi usus harus diistirahatkan, seperti pankreatitis berat, stenosis arteri mesenterika, angina intestinal, diare, dan status preoperatif dengan malnutrisi berat.
  • Gangguan motilitas usus, seperti pseudo-obstruksi, skleroderma, dan ileus yang berkepanjangan.
  • Pasien yang asupan makannya tidak dapat diberikan melalui jalur enteral, seperti gangguan makan dan hiperemesis gravidarum.

Cara menghitung tetesan infus pada orang dewasa

Menghitung tetesan infus sebenarnya dapat dilakukan menggunakan mesin, tenaga medis cukup memasukkan data jumlah cairan yang dimasukkan dan waktu yang diperlukan cairan untuk masuk ke dalam tubuh.

Hanya saja, jika kondisinya tidak menggunakan mesin otomatis, maka tenaga medis tetap harus bisa menghitungnya. Rumus cara menghitung tetesan infus secara manual pada orang dewasa adalah sebagai berikut:

Contoh kasusnya:

Seorang dokter memberikan instruksi kepada perawat untuk memberikan pasien cairan infus sebanyak 500 mL dalam waktu 10 jam. Faktor tetes telah ditetapkan nilainya 20. Berapakah jumlah tetesan infus setiap menit?

Maka, penyelesaiannya adalah:

Jadi, jumlah tetesan infus setiap menitnya adalah 16 – 17 tetes. Ini berarti pasien akan memperoleh 16 – 17 tetes cairan infus setiap 1 menit sebelum cairan infus habis atau diganti yang baru.

Inilah yang perlu Anda ketahui tentang macam-macam cairan infus dan cara menghitung tetesan infus. Jika Anda ingin menghitung berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menghabiskan jumlah cairan infus, maka rumus yang digunakan sama dengan rumus di atas.

Read More

Apa Saja Manfaat Petrolium Jelly?

Petroleum Jelly merupakan zat lemak semisolid yang berasal dari campuran wax dengan minyak mineral. Dari segi bentuk, petrolium jelly mirip seperti balsam. Warnanya transparan, sedangkan teksturnya lengket dan sedikit licin. Terdapat banyak manfaat petrolium jelly bagi tubuh terutama bagi kulit.  Dari segi harga, petrolium jelly sangat terjangkau. Ukuran petrolium jelly yang banyak dijual di pasaran juga minimalis sehingga mudah dibawa ke mana-mana.

petrolium jelly

Manfaat petrolium jelly untuk kecantikan

Petrolium jelly memiliki segudang manfaat bagi kulit, khususnya di bidang kecantikan. Meski petrlium jelly bukan termasuk makeup, namun keberadaannya sudah menjadi barang wajib pendamping makeup. Berikut ini merupakan manfaat petrolium jelly untuk kecantikan.

  1. Merapikan alis berantakan

Manfaat petrolium jelly yang seringkali tidak diketahui oleh banyak orang yaitu untuk merapikan alis yang berantakan. Bagi pemilik alis tebal yang berantakan, penggunaan petrolium jelly bisa membuat alis rapi tanpa pensil alis. Cukup oleskan tipis petrolium jelly pada alis kemudian sisir ke arah luar menggunakan sisir khusus alis.  

  • Membersihkan make up

Jika Anda kehabisan pembersih make up, tidak perlu cemas. Petrolium jelly bisa menjadi penyelamat, lho. Hal itu dikarenkan petrolium jelly dapat diigunakan sebagai make up remover, yang tentu saja akan sekaligus melembapkan wajah Anda.

  • Mengurangi komedo

Petrolium jelly bisa mengurangi komedo membandel di wajah. Cara penggunaannya yaitu dengan mengoleskannya pada area hidung kemudian tutup menggunakan handuk. Tunggu 15 menit, kemudian bersihkan petrolium jelly. Tekan hidung untuk membersihkan komedo.

  • Berguna untuk based eye shadow

Manfaat petrolium jelly sungguh beragam, termasuk untuk based eye shadow. Oleskan pada kelopak mata, tunggu hingga kering, kemudian aplikasikan eye shadow. Mudah, bukan?

  • Mengangkat sel kulit mati

Petrolium jelly bisa membantu mengangkat sel kulit mati. Caranya mudah, kok. Campurkan petrolium jelly dengan garam laut atau gula, kemudian oleskan pada kulit yang kusam agar sel-sel kulit mati mengelupas.

Manfaat petrolium jelly untuk kesehatan

Tidak hanya untuk kecantikan saja, manfaat petrolum jelly untuk kesehatan pun cukup banyak. Petrolium jelly bisa dijadikan pertolongan pertama untuk berbagai masalah kesehatan ringan seputar kulit, sepert berikut ini.

  1. Menyembuhkan luka kecil

Ketika kulit terluka, Anda bisa menggunakan petrolium jelly untuk mengobatinya. Akan tetapi, hal ini hanya berlaku untuk luka ringan seperti tersayat pisau atau tergores pinggiran kertas. Sebelum mengoleskan petrolium jelly, pastikan luka sudah dibersihkan dan kulit dalam keadaan kering agar tidak terjadi infeksi.

  • Melembapkan kulit kering

Masalah kulit yang sering ditemui adalah kulit berminyak atau kulit kering. Petrolium jelly bisa membantu mengatasi kulit kering karena kandungannya bisa melembapkan. Area yang kering biasanya bibir, siku, lutut, serta telapak tangan bagian luar.

  • Mencegah timbulnya ruam popok

Penggunaan popok pada bayi seringkali menimbulkan ruam sebab jarang diganti. Ruam juga bisa muncul jika bayi terlalu aktif bergerak sehingga gesekan popok pada kulit menjadi sangat intens. Untuk mencegah timbulnya ruam, oleskan petrolium jelly secara tipis dan merata.

  • Mengatasi iritasi ringan

Iritasi kulit ringan bisa terjadi umumnya karena kontaminasi zat kimia kemudian menimbulkan alergi tertentu. Detergen, tanaman, logam, serta banyak benda lain bisa menjadi pemicunya. Mengoleskan petrolium jelly bisa mebantu mengatasi iritasi ringan tersebut.

Manfaat petrolium jelly lainnya

Selain bermanfaat untuk kecantikan dan kesehatan, petrolium jelly juga memiliki manfaat dikeseharian, lho. Apa saja manfaat tersebut? Berikut ini ulasan lengkapnya.

  1. Membuat aroma parfum lebih tahan lama

Aroma parfum cepat memudar? Atasi dengan petrolium jelly. Oleskan petrolium jelly pada kulit yang akan disemprot parfum sebagai lapisan dasar. Dengan begitu, aroma parfum Anda akan lebih tahan lama..

  • Melindungi kuku dari cat kuku

Kuku yang sering dicat akan menjadi kurang sehat dan warnanya berubah jadi kecoklatan. Oleskan petrolium jelly secara rutin agar kuku senantiasa ternutrisi meski sering menggunakan cat kuk

  • Mengatasi rambut kering

Jika rambut Anda kering, petrolium jelly bisa digunakan untuk membantu mengatasi hal tersebut. Gunakan petrolium jelly pada bagian ujung  rambut. Jangan oleskan terlalu banyak, karena malah akan melukai rambut. Hal ini bertujuan melembabkan rambut dan membantu rambut tumbuh kembali dengan sehat.                Manfaat petrolium jelly sudah tidak perlu diragukan lagi. Anda pun tidak perlu khawatir, sebab petrolium jelly aman bagi kulit dan tubuh. Akan tetapi, gunakan petrolium jelly seperlunya saja. Penggunaan yang berlebihan dapat menimbulkan efek samping seperti iritasi. Jenis kulit tertentu juga bisa saja alergi atau tidak cocok menggunakan petolium jelly. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter kulit.  

Read More

Baik Bagi Kesehatan, Ini Manfaat Putri Malu

Mungkin banyak yang mengira bahwa tumbuhan putri malu hanyalah tanaman liar yang tumbuh di jalan-jalan. Namun, tahukah Anda manfaat putri malu ini sangat banyak sekali bagi kesehatan.

manfaat putri malu

Tanaman yang lebih dikenal putri malu ini memiliki nama ilmiahnya, yaitu Mimosa Pudica. Tanaman ini memang banyak tumbuh liar di jalanan. Selain peka sekali dengan sentuhan, tanaman pemalu ini juga diketahui banyak sekali memiliki manfaat. Berikut beberapa manfaat putri malu untuk kesehatan.

·         Melindungi dari radikal bebas

Radikal bebas adalah sejenis molekul atau senyawa yang dapat menumpuk di dalam tubuh seiring berjalannya waktu dan dapat membahayakan tubuh. Nah, tumbuhan putri malu ini memiliki sumber antioksidan yang banyak. Meskipun kandungan antioksidan terdapat pada batang dan bijinya, namun sebagian besar kandungan antioksidan herbal terdapat pada daunnya.

·         Bermanfaat bagi penderita diabetes dan tekanan darah tinggi

Meskipun diabetes belum dapat disembuknan secara pasti, namun seorang penderita diabetes dapat hidup lama dengan cara mengontrol kadar gula darahnya. Tanpa pengendalian gula darah, maka penderita bisa berisiko tinggi terkena berbagai komplikasi diabetes.

Namun, sebuah penelitian mengatakan bahwa dengan mengonsumsi ekstrak tumbuhan putri malu Anda dapat mengontrol gula darah dan tekanan darah tinggi. Kedua penyakit tersebut dipercaya dapat membantu mengatasi masalah tersebut. Caranya dengan meminum jus tanaman ini selama 10 hari maka Anda akan melihat perbedaan kadar gula darah Anda sebelum meminum jus tamanan ini.

·         Baik bagi kesehatan usus

Manfaat tanaman putri malu lainnya adalah bagi kesehatan usus Anda. Tidak hanya itu, Mimosa Pudica ini pun dapat membantu mencegah tukak lambung dengan mengurangi keasaman pada lambung Anda.

Tukak lambung adalah luka yang terjadi pada lapisan saluran pencernaan Anda. Faktor risiko penyebab tukak lambung adalah bakteri Helicobacter pylori yang dapat merusak lapisan lendir saluran pencernaan Anda. Nah, ekstrak tanaman ini dapat membantu mengurangi asam lambung dan meingkatkan sekresi yang melindungi usus dan mencegah tukak.

·         Nyeri sendi dan arthritis

Arthritis sering kali ditandai dengan munculnya nyeri pada sendi serta peradangan. Nah, salah satu manfaat putri malu ini dapat memabntu meredakan nyeri sendi dan peradangan yang terjadi berkat sifat anti-inflamasinya. Caranya Anda hanya perlu menghaluskan daun putri malu, setelah halus oleskan pada area yang sakit semalaman, lakukan hal ini selama beberapa hari untuk mengurangi rasanya nyeri dan perbaikan secara keseluruhan.

·         Mengobati luka

Selain sifat anti-inflamasi yang dapat membantu meredakan nyeri, daun Mimosa Pudica ini pun berkhasiat untuk menyembuhkan luka, dan kulit yang terinfeksi seperti bisul. Sama halnya pada nyeri sendi, Anda pun dapat menghaluskan daun putri malu untuk dioleskan atau dibalurkan pada area yang terluka.

·         Tingkatkan kesehatan mulut

Meskipun dikenal sebagai tanaman liar, manfaat putri malu sangat banyak sekali salah  satunya meningkatkan kesehatan mulut. Caranya adalah dengan merebus akar tanaman putri malu dan air hasil rebusannya tersebut Anda dapat gunakan sebagai obat kumur. Gunakan air resbusan tersebut setiap hari untuk mengobati sakit gigi dan penyakit gusi sekaligus meningkatkan kebersihan mulut secara keseluruhan. Manfaat putri malu sungguh luar biasa, mulai dari biji, akar, daun hingga batang berguna bagi Kesehatan. Meski begitu tidak semua orang bisa mengonsumsi obat dari tanaman putri malu. Selain itu, meskipun memiliki banyak sekali manfaat, namun ada baiknya untuk tidak dikonsumsi sebagai obat dalam tanpa sepengetahuan dokter.

Read More

Camilan Tengah Malam Bagi Penderita Diabetes

Bagi penderita diabetes tentunya akan sangat berhati-hati dalam mengonsumsi makanan apapun. Pasalnya, apapun yang dikonsumsi akan mempengaruhi kadar gula darah dalam tubuh, karena setelah makan sesuatu gula darah bisa naik dan ketika tidak makan maka gula darah bisa turun.

camilan tengah malam

Oleh karena itu, para penderita diabetes harus tahu camilan atau makanan apa yang mereka konsumsi. Lalu bagaimana jika di tengah tidur malam merasa lapar dan mencari camilan tengah malam? Maka ada beberapa makanan yang bisa mereka konsumsi.

Sebelum tidur biasanya para penderita diabetes akan disarankan untuk mengonsumsi camilan dan biasanya jumlah camilan sudah ditentukan oleh masing-masing dokter mereka. Tetapi ada baiknya jika apa yang mereka konsumsi mengandung protein yang tinggi, lemak sehat dan karbohidrat yang terbatas.

Karena makanan dengan komposisi ini dapat membantu mengatasi lonjakan gula darah pada malam hari dan memastikan kadar gula darah rendah pada pagi hari. Jika Anda terbangun dan merasa lapar, bisa mencoba camilan tengah malam berikut:

Segenggam kacang

Saat bangun tengah malam atau sebelum tidur, penderita diabetes dapat mengonsumsi kacang-kacangan dengan jumlah yang tidak terlalu banyak atau segenggam. Beberapa jenis kacang-kacangan yang bisa Anda coba seperti almond, kenari, dan kacang tanah yang mengandung banyak vitamin, mineral, dan lemak sehat. Selain itu, almond pun banyak mengandung vitamin E dan kenari sangat kaya akan asam lemak omega 3.

 Telur rebus

Telur merupakan sumber protein yang sangat baik bagi siapapun, termasuk pada penderita diabetes. Telur pun mengandung sangat sedikit karbohidrat. Anda dapat mengonsumsi camilan tengah malam dengan makan telur dan tambahan beberapa biskuit gandum untuk penambah serat. Serat di sini berfungsi untuk memperlambat proses pencernaan, melepaskan energi dari makanan dalam waktu yang lebih lama. Selain itu, hal ini pun dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil.

Wortel, tomat atau mentimun

Sayuran dan non tepung adalah camilan tengah malam yang baik untuk penderita diabetes. Pasalnya mereka mengandung sedikit sekali kalori, lemak dan karbohidrat, sekaligus mengandung banyak sekali vitamin dan mineral.

Anda dapat mencoba wortel, tomat ceri atau irisan mentimun yang bisa disajikan dengan cara direbus ataupun makan begitu saja. Sayuran tersebut mengandung antioksidan dan serat dalam dosis yang sangat baik, serta dapat meningkatkan kesehatan jantung dan usus. Untuk mendapatkan lebih banyak protein, Anda dapat menambahkan parutan keju rendah lemak pada camilan tersebut.

Apel

Banyak sekali kandungan vitamin, mineral yang terkandung di dalam sebuah apel. Selain itu, buah ini pun mengandung antioksidan. Apel sendiri disebut dapat membantu diet sehat bagi penderita diabetes. Anda dapat mencoba mengonsumsi apel dengan cara memotong apel dan tambahkan sedikit selai kacang pada tiap irisannya.

Selai kacang pun kaya akan protein, serat dan lemak sehat yang dapat memabntu mengontrol kadar gula darah dalam tubuh. Jadi, apel dengan selai kacang dapat menajdi salah satu pilihan camilan tengah malam Anda.

Menghitung karbohidrat merupakan hal yang sangat penting bagi penderita diabetes. Jumlah karbohidrat yang Anda makan akan menentukan kadar gula darah dalam tubuh  Anda. Maka dari itu sangat penting untuk memilah milih camilan tengah malam untuk Anda. Umumnya para penderita diabetes akan disarankan untuk menghindari camilan bertepung dan manis. Beberapa makanan atau camilan yang sebaiknya dihindari seperti jus buah, kue kering, roti putih dan beberapa camilan dengan jumalh karbohidrat yang tinggi. Bagi penderita diabetes disarankan mengonsumsi 40% asupan kalori harian sebaiknya dari karbohidrat, maka dari itu sebaiknya menghindari camilan yang juga berasal dari karbohidarat. 

Read More

Syarat Mendapatkan Surat Rujukan BPJS Kesehatan

Saat ingin menikmati layanan kesehatan dari BPJS Kesehatan, ada beberapa prosedur yang harus dilakukan. Salah satunya adalah adanya surat rujukan BPJS Kesehatan.

Surat rujukan adalah surat pengantar dari tenaga medis untuk petunjuk pengobatan dan pengobatan lanjutan ke dokter yang lebih kompeten.

Cara Mendapatkan Rujukan BPJS Kesehatan untuk Pasien

Surat rujukan dikeluarkan atau diberikan oleh dokter di Faskes Tingkat I agar pasien mendapatkan pengobatan di klinik yang lebih lengkap atau ke Faskes Tingkat II, seperti rumah sakit.

Umumnya, dokter akan langsung menerbitkan surat rujukan BPJS Kesehatan dari Faskes Tingkat I ke Faskes Tingkat II tanpa harus diminta. Namun, bila kondisi pasien bisa ditangani di Faskes Tingkat I, pasien akan diminta rawat jalan di sana hingga sembuh.

Ada syarat pasien yang diberikan rujukan ke Faskes Tingkat II ini, yaitu:

  • Pasien Membutuhkan pelayanan kesehatan yang spesialistik atau subspesialistik
  • Terdapat keterbatasan SDM, sarana dan prasarana di Faskes Tingkat I sehingga pasien harus dirujuk ke Faskes Tingkat II
  • Perujuk tidak bisa memberikan pelayanan kesehatan sesuai yang dibutuhkan oleh pasien. Hal ini bisa terjadi karena keterbatasan tenaga medis, fasilitas, dan peralatan

Jika syarat di atas tidak terpenuhi, maka pasien ataupun keluarga pasien tidak bisa memaksa untuk dirujuk. Jika ada pemaksaan, surat rujukan mungkin saja dikeluarkan, tetapi pada surat tersebut terdapat tulisan APS singkatan dari Atas Permintaan Sendiri. Sehingga biaya pengobatan akan ditanggung sendiri oleh pasien.

Nah, perlu diingat, bagi pasien yang pernah mendapat surat rujukan sebelumnya, dan sewaktu-waktu penyakitnya kambuh, jangan nekat langsung ke rumah sakit dengan membawa rujukan sebelumnya. Sebab, kemungkinan akan ditolak. Jadi tetap harus ke Faskes Tingkat I terlebih dahulu.

Kondisi yang Tidak Memerlukan Surat Rujukan BPJS Kesehatan

Ada juga kondisi yang tidak membutuhkan surat rujukan. Seperti pada kasus berikut ini:

  1. Adanya bencana
  2. Kondisi gawat darurat seperti kecelakaan atau penyakit lain yang membutuhkan penanganan UGD. Pada kondisi seperti ini, pasien tidak memerlukan surat rujukan dan bisa langsung mendapat penanganan dari dokter di Faskes Tingkat II
  3. Pasien yang memiliki masalah kesehatan khusus, isalnya harus melakukan terapi di faskes lanjutan
  4. Pertimbangan geografis saat kondisi mendesak
  5. Pertimbangan ketersediaan fasilitas

Syarat Mendapat Surat Rujukan BPJS Kesehatan dari Faskes Tingkat I

Mendapatkan surat rujukan dari Faskes Tingkat I juga memerlukan persyaratan berupa dokumen yang harus dilengkapi.

Fungsi dari surat rujukan ini adalah untuk berbagai keperluan, seperti pengobatan rawat inap, rawat jalan, pengobatan darurat, serta pengobatan di luar kota.

Apa saja persyaratan dokumen yang harus dilengkapi? Berikut detailnya:

  • Kartu peserta BPJS Kesehatan yang asli dan fotokopi
  • Fotokopi Kartu Keluarga
  • Fotokopi KTP
  • Surat rujukan dari dokter yang memeriksa di Faskes Tingkat I
  • Surat Eligibilitas Peserta
  • Kartu Berobat

Bagi pasien yang melakukan pengobatan di luar kota, peserta harus mengurus surat pengantar ke kantor BPJS di daerah asal. Surat ini nanti akan berguna agar pasien tidak ditolak oleh Faskes TIngkat I di daerah melakukan pengobatan.

Surat Rujukan BPJS Kesehatan Online

Di sebagian faskes, rujukan dalam bentuk online sudah mulai berjalan. Meskipun rujukan berbentuk kertas masih tetap berlaku. Adanya rujukan online tentu akan memudahkan pasien dan mendapat kepastian memperoleh layanan di rumah sakit rujukan.

Rujukan online ini sifatnya real time dari Faskes Tingkat I ke Faskes Tingkat II dan menggunakan dokumen digital. Jadi data peserta akan secara langsung akan terkoneksi. Data calon pasien pun bisa dengan mudah dianalisis.

Dengan adanya rujukan BPJS Kesehatan online akan meminimalisir kendala yang mungkin terjadi. Jadi tidak ada lagi masalah kartu rujukan ketinggalan dan kendala lainnya.

Read More