Cek Dulu Bahaya Olahraga Malam sebelum Memutuskan untuk Beraktivitas Fisik

cek risiko alami bahaya olahraga malam

Berolahraga memang banyak direkomendasikan untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh. Namun, apakah tiap waktu olahraga selalu memberikan manfaat yang baik bagi tubuh? Dan apakah Anda pernah mendengar bahaya olahraga malam?

Belakangan ini, banyak orang yang melakukan olahraga di malam hari tanpa mengetahui risiko di baliknya, terutama para pekerja kantoran yang waktu siang hari hingga sore digunakan untuk bekerja. Meskipun begitu, memilih untuk melakukan olahraga malam tidak sebaiknya Anda jadikan pilihan. 

Bahaya olahraga malam yang jarang orang tahu

Tidak direkomendasikannya olahraga malam bukan tanpa alasan. Pasalnya, bahaya olahraga malam bagi kesehatan tubuh tidaklah main-main. Penjelasan lebih detail dapat Anda simak di bawah ini.

  • Risiko terkena bahaya

Bahaya olahraga malam yang perlu Anda waspadai adalah tingginya risiko terkena bahaya. Ketika Anda memutuskan untuk berolahraga di malam hari, keselamatan Anda juga menjadi taruhannya, khususnya bagi Anda yang kerap kali berolahraga di luar ruangan, seperti bersepeda atau jogging.

Ketika malam hari, risiko bahaya yang muncul dapat mengancam keselamatan Anda, seperti menjadi target dari tindak kejahatan yang terjadi di jalanan atau menjadi korban kecelakaan lalu lintas. Di samping itu, Anda juga perlu memerhatikan risiko terkena kram, dehidrasi, atau jatuh dari sepeda, yang cenderung lebih sulit mencari pertolongan ketika malam hari.

  • Memicu gangguan tidur

Kegiatan olahraga merupakan aktivitas yang dapat meningkatkan suhu tubuh, metabolisme, detak jantung, dan aliran darah manusia. Di satu sisi, manusia membutuhkan perlu berada dalam situasi dan kondisi serileks mungkin untuk dapat tertidur dengan tenang. Ketika seseorang melakukan olahraga di malam hari, kondisi ini akan menghambat orang tersebut dalam mendapatkan tidur yang berkualitas. Belum lagi, waktu tidur akan tertunda, jika olahraga dilakukan dekat jam tidur.

  • Rawan mengalami gangguan kesehatan serius

Bahaya olahraga malam baru akan dirasakan dampaknya ketika seseorang melakukan kebiasaan olahraga di malam hari dalam jangka waktu yang lama. Ketika seseorang berolahraga di malam hari, biasanya orang tidak akan memiliki aktivitas lain yang akan dilakukan selepas berolahraga dan sebelum tidur tersebut. Kondisi ini akan menghambat proses pembakaran kalori. Pada dasarnya, proses ini lebih efektif terjadi ketika seseorang melakukan olahraga di pagi atau sore hari. 

Selain itu, tubuh yang telah beraktivitas selama sehari penuh, tidak direkomendasikan untuk melakukan olahraga malam hari. Menurut Doktor Zubaidi Ahmad dari Pertubuhan Doktor-Doktor Islam Malaysia (PERDIM), mengatakan bahwa berolahraga malam hari membutuhkan lebih banyak energi. Kondisi ini akan memicu tekanan darah naik secara mendadak, bahkan dapat menyebabkan gangguan kesehatan pada jantung di kemudian hari.

Jika Anda memang tidak memiliki pilihan lain, selain melakukan olahraga malam, maka Anda perlu mempertimbangkan beberapa hal di bawah ini terlebih dulu:

  • Pilihlah aktivitas olahraga di dalam ruang. Jika memang tidak ada pilihan lain, ajaklah seseorang untuk berolahraga malam dan kenakan pakaian dengan warna kontras agar lebih terlihat oleh orang-orang sekitar.
  • Pilihlah jenis olahraga dengan efek menenangkan, seperti yoga agar dapat membantu Anda mendapatkan kualitas tidur lebih baik.
  • Tidak langsung berolahraga selepas beraktivitas sepanjang hari.
  • Lakukan olahraga beberapa jam sebelum tidur.
  • Cobalah lakukan olahraga angkat berat. Dalam sebuah penelitian, dikatakan bahwa olahraga angkat berat dapat membantu Anda untuk memperbaiki kualitas dan kuantitas tidur.
Tags:  

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>