Cara Membersihkan Usus Kotor Secara Alami

Salah satu organ penting dalam sistem pencernaan adalah usus atau disebut juga usus besar. Kesehatan usus besar adalah bagian penting dari kesehatan pencernaan. Namun bagaimana cara membersihkan usus kotor?

Beberapa profesional mengklaim usus besar harus dibersihkan untuk kesehatan pencernaan yang optimal. Namun, penelitian yang membuktikan efektivitas pembersihan masih sedikit dan berkualitas rendah.

Namun, aspek-aspek tertentu dari membersihkan usus besar cukup bermanfaat. Hal ini dapat membantu masalah seperti sembelit atau buang air besar tidak teratur, dan ada beberapa bukti bahwa pembersihan juga dapat mengurangi resiko kanker usus besar. 

Terdapat beberapa cara untuk membersihkan usus besar kotor. Anda bisa membeli produk pembersih usus besar, atau Anda bahkan bisa mendapatkan irigasi usus besar atau enema. Jika tidak, Anda dapat melakukan hal-hal sederhana untuk meningkatkan atau “membersihkan” kesehatan usus besar secara alami di rumah.

Berikut cara sederhana membersihkan usus besar alami yang dapat dilakukan di rumah:

  • Minum air

Minum banyak air dan tetap terhidrasi adalah cara yang bagus untuk mengatur pencernaan. “Water flush” dapat dilakukan sebagai cara untuk membersihkan usus besar yang kotor, Anda hanya perlu minum enam hingga delapan gelas air hangat per hari.

Anda juga disarankan untuk makan banyak makanan tinggi kandungan air, hal ini termasuk buah dan sayuran seperti semangka, tomat, selada, dan seledri.

  • Diet tinggi serat

Serat adalah makronutrien esensial yang sering diabaikan dalam makanan. Serat dapat ditemukan secara keseluruhan pada makanan nabati yang sehat seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan, dan banyak lagi. Tanaman mengandung selulosa dan serat membantu “mengumpulkan” materi berlebih di usus besar Anda. Mereka juga mengatur sembelit dan usus yang terlalu aktif, sekaligus meningkatkan bakteri bermanfaat sebagai prebiotik.

Pastikan untuk makan banyak makanan berserat tinggi, yang membantu kesehatan usus besar. Mereka juga bagus untuk bakteri usus.

  • Probiotik

Menambahkan probiotik ke dalam makanan adalah cara lain untuk membersihkan usus besar yang kotor. Probiotik juga meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan. Anda bisa mendapatkan lebih banyak probiotik dengan mengonsumsi suplemen probiotik. Selain itu, makanlah banyak makanan kaya probiotik, seperti yogurt, kimchi, acar, dan makanan fermentasi lainnya.

Probiotik memasukkan bakteri baik ke usus dengan bantuan serat dan pati resisten. Hal ini mengekang peradangan dan meningkatkan keteraturan, dua elemen kesehatan pencernaan yang berhubungan dengan usus besar.

  • Teh herbal

Mencoba beberapa teh herbal dapat membantu kesehatan pencernaan melalui usus besar. Herbal pencahar seperti psyllium, aloe vera, akar marshmallow, dan slippery elm dapat membantu mengatasi sembelit. 

Cara membersihkan usus besar kotor secara alami dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan, namun masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut apakah mereka benar-benar “membersihkan” usus besar. Terlepas dari itu, bicarakan dengan dokter Anda untuk memastikan bahwa Anda memiliki pengalaman terbaik dalam menggunakannya.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>