Camilan Tengah Malam Bagi Penderita Diabetes

Bagi penderita diabetes tentunya akan sangat berhati-hati dalam mengonsumsi makanan apapun. Pasalnya, apapun yang dikonsumsi akan mempengaruhi kadar gula darah dalam tubuh, karena setelah makan sesuatu gula darah bisa naik dan ketika tidak makan maka gula darah bisa turun.

camilan tengah malam

Oleh karena itu, para penderita diabetes harus tahu camilan atau makanan apa yang mereka konsumsi. Lalu bagaimana jika di tengah tidur malam merasa lapar dan mencari camilan tengah malam? Maka ada beberapa makanan yang bisa mereka konsumsi.

Sebelum tidur biasanya para penderita diabetes akan disarankan untuk mengonsumsi camilan dan biasanya jumlah camilan sudah ditentukan oleh masing-masing dokter mereka. Tetapi ada baiknya jika apa yang mereka konsumsi mengandung protein yang tinggi, lemak sehat dan karbohidrat yang terbatas.

Karena makanan dengan komposisi ini dapat membantu mengatasi lonjakan gula darah pada malam hari dan memastikan kadar gula darah rendah pada pagi hari. Jika Anda terbangun dan merasa lapar, bisa mencoba camilan tengah malam berikut:

Segenggam kacang

Saat bangun tengah malam atau sebelum tidur, penderita diabetes dapat mengonsumsi kacang-kacangan dengan jumlah yang tidak terlalu banyak atau segenggam. Beberapa jenis kacang-kacangan yang bisa Anda coba seperti almond, kenari, dan kacang tanah yang mengandung banyak vitamin, mineral, dan lemak sehat. Selain itu, almond pun banyak mengandung vitamin E dan kenari sangat kaya akan asam lemak omega 3.

 Telur rebus

Telur merupakan sumber protein yang sangat baik bagi siapapun, termasuk pada penderita diabetes. Telur pun mengandung sangat sedikit karbohidrat. Anda dapat mengonsumsi camilan tengah malam dengan makan telur dan tambahan beberapa biskuit gandum untuk penambah serat. Serat di sini berfungsi untuk memperlambat proses pencernaan, melepaskan energi dari makanan dalam waktu yang lebih lama. Selain itu, hal ini pun dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil.

Wortel, tomat atau mentimun

Sayuran dan non tepung adalah camilan tengah malam yang baik untuk penderita diabetes. Pasalnya mereka mengandung sedikit sekali kalori, lemak dan karbohidrat, sekaligus mengandung banyak sekali vitamin dan mineral.

Anda dapat mencoba wortel, tomat ceri atau irisan mentimun yang bisa disajikan dengan cara direbus ataupun makan begitu saja. Sayuran tersebut mengandung antioksidan dan serat dalam dosis yang sangat baik, serta dapat meningkatkan kesehatan jantung dan usus. Untuk mendapatkan lebih banyak protein, Anda dapat menambahkan parutan keju rendah lemak pada camilan tersebut.

Apel

Banyak sekali kandungan vitamin, mineral yang terkandung di dalam sebuah apel. Selain itu, buah ini pun mengandung antioksidan. Apel sendiri disebut dapat membantu diet sehat bagi penderita diabetes. Anda dapat mencoba mengonsumsi apel dengan cara memotong apel dan tambahkan sedikit selai kacang pada tiap irisannya.

Selai kacang pun kaya akan protein, serat dan lemak sehat yang dapat memabntu mengontrol kadar gula darah dalam tubuh. Jadi, apel dengan selai kacang dapat menajdi salah satu pilihan camilan tengah malam Anda.

Menghitung karbohidrat merupakan hal yang sangat penting bagi penderita diabetes. Jumlah karbohidrat yang Anda makan akan menentukan kadar gula darah dalam tubuh  Anda. Maka dari itu sangat penting untuk memilah milih camilan tengah malam untuk Anda. Umumnya para penderita diabetes akan disarankan untuk menghindari camilan bertepung dan manis. Beberapa makanan atau camilan yang sebaiknya dihindari seperti jus buah, kue kering, roti putih dan beberapa camilan dengan jumalh karbohidrat yang tinggi. Bagi penderita diabetes disarankan mengonsumsi 40% asupan kalori harian sebaiknya dari karbohidrat, maka dari itu sebaiknya menghindari camilan yang juga berasal dari karbohidarat. 

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>