Baik Bagi Kesehatan, Ini Manfaat Putri Malu

Mungkin banyak yang mengira bahwa tumbuhan putri malu hanyalah tanaman liar yang tumbuh di jalan-jalan. Namun, tahukah Anda manfaat putri malu ini sangat banyak sekali bagi kesehatan.

manfaat putri malu

Tanaman yang lebih dikenal putri malu ini memiliki nama ilmiahnya, yaitu Mimosa Pudica. Tanaman ini memang banyak tumbuh liar di jalanan. Selain peka sekali dengan sentuhan, tanaman pemalu ini juga diketahui banyak sekali memiliki manfaat. Berikut beberapa manfaat putri malu untuk kesehatan.

·         Melindungi dari radikal bebas

Radikal bebas adalah sejenis molekul atau senyawa yang dapat menumpuk di dalam tubuh seiring berjalannya waktu dan dapat membahayakan tubuh. Nah, tumbuhan putri malu ini memiliki sumber antioksidan yang banyak. Meskipun kandungan antioksidan terdapat pada batang dan bijinya, namun sebagian besar kandungan antioksidan herbal terdapat pada daunnya.

·         Bermanfaat bagi penderita diabetes dan tekanan darah tinggi

Meskipun diabetes belum dapat disembuknan secara pasti, namun seorang penderita diabetes dapat hidup lama dengan cara mengontrol kadar gula darahnya. Tanpa pengendalian gula darah, maka penderita bisa berisiko tinggi terkena berbagai komplikasi diabetes.

Namun, sebuah penelitian mengatakan bahwa dengan mengonsumsi ekstrak tumbuhan putri malu Anda dapat mengontrol gula darah dan tekanan darah tinggi. Kedua penyakit tersebut dipercaya dapat membantu mengatasi masalah tersebut. Caranya dengan meminum jus tanaman ini selama 10 hari maka Anda akan melihat perbedaan kadar gula darah Anda sebelum meminum jus tamanan ini.

·         Baik bagi kesehatan usus

Manfaat tanaman putri malu lainnya adalah bagi kesehatan usus Anda. Tidak hanya itu, Mimosa Pudica ini pun dapat membantu mencegah tukak lambung dengan mengurangi keasaman pada lambung Anda.

Tukak lambung adalah luka yang terjadi pada lapisan saluran pencernaan Anda. Faktor risiko penyebab tukak lambung adalah bakteri Helicobacter pylori yang dapat merusak lapisan lendir saluran pencernaan Anda. Nah, ekstrak tanaman ini dapat membantu mengurangi asam lambung dan meingkatkan sekresi yang melindungi usus dan mencegah tukak.

·         Nyeri sendi dan arthritis

Arthritis sering kali ditandai dengan munculnya nyeri pada sendi serta peradangan. Nah, salah satu manfaat putri malu ini dapat memabntu meredakan nyeri sendi dan peradangan yang terjadi berkat sifat anti-inflamasinya. Caranya Anda hanya perlu menghaluskan daun putri malu, setelah halus oleskan pada area yang sakit semalaman, lakukan hal ini selama beberapa hari untuk mengurangi rasanya nyeri dan perbaikan secara keseluruhan.

·         Mengobati luka

Selain sifat anti-inflamasi yang dapat membantu meredakan nyeri, daun Mimosa Pudica ini pun berkhasiat untuk menyembuhkan luka, dan kulit yang terinfeksi seperti bisul. Sama halnya pada nyeri sendi, Anda pun dapat menghaluskan daun putri malu untuk dioleskan atau dibalurkan pada area yang terluka.

·         Tingkatkan kesehatan mulut

Meskipun dikenal sebagai tanaman liar, manfaat putri malu sangat banyak sekali salah  satunya meningkatkan kesehatan mulut. Caranya adalah dengan merebus akar tanaman putri malu dan air hasil rebusannya tersebut Anda dapat gunakan sebagai obat kumur. Gunakan air resbusan tersebut setiap hari untuk mengobati sakit gigi dan penyakit gusi sekaligus meningkatkan kebersihan mulut secara keseluruhan. Manfaat putri malu sungguh luar biasa, mulai dari biji, akar, daun hingga batang berguna bagi Kesehatan. Meski begitu tidak semua orang bisa mengonsumsi obat dari tanaman putri malu. Selain itu, meskipun memiliki banyak sekali manfaat, namun ada baiknya untuk tidak dikonsumsi sebagai obat dalam tanpa sepengetahuan dokter.

Tags:  

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>