Apa Saja Manfaat Petrolium Jelly?

Petroleum Jelly merupakan zat lemak semisolid yang berasal dari campuran wax dengan minyak mineral. Dari segi bentuk, petrolium jelly mirip seperti balsam. Warnanya transparan, sedangkan teksturnya lengket dan sedikit licin. Terdapat banyak manfaat petrolium jelly bagi tubuh terutama bagi kulit.  Dari segi harga, petrolium jelly sangat terjangkau. Ukuran petrolium jelly yang banyak dijual di pasaran juga minimalis sehingga mudah dibawa ke mana-mana.

petrolium jelly

Manfaat petrolium jelly untuk kecantikan

Petrolium jelly memiliki segudang manfaat bagi kulit, khususnya di bidang kecantikan. Meski petrlium jelly bukan termasuk makeup, namun keberadaannya sudah menjadi barang wajib pendamping makeup. Berikut ini merupakan manfaat petrolium jelly untuk kecantikan.

  1. Merapikan alis berantakan

Manfaat petrolium jelly yang seringkali tidak diketahui oleh banyak orang yaitu untuk merapikan alis yang berantakan. Bagi pemilik alis tebal yang berantakan, penggunaan petrolium jelly bisa membuat alis rapi tanpa pensil alis. Cukup oleskan tipis petrolium jelly pada alis kemudian sisir ke arah luar menggunakan sisir khusus alis.  

  • Membersihkan make up

Jika Anda kehabisan pembersih make up, tidak perlu cemas. Petrolium jelly bisa menjadi penyelamat, lho. Hal itu dikarenkan petrolium jelly dapat diigunakan sebagai make up remover, yang tentu saja akan sekaligus melembapkan wajah Anda.

  • Mengurangi komedo

Petrolium jelly bisa mengurangi komedo membandel di wajah. Cara penggunaannya yaitu dengan mengoleskannya pada area hidung kemudian tutup menggunakan handuk. Tunggu 15 menit, kemudian bersihkan petrolium jelly. Tekan hidung untuk membersihkan komedo.

  • Berguna untuk based eye shadow

Manfaat petrolium jelly sungguh beragam, termasuk untuk based eye shadow. Oleskan pada kelopak mata, tunggu hingga kering, kemudian aplikasikan eye shadow. Mudah, bukan?

  • Mengangkat sel kulit mati

Petrolium jelly bisa membantu mengangkat sel kulit mati. Caranya mudah, kok. Campurkan petrolium jelly dengan garam laut atau gula, kemudian oleskan pada kulit yang kusam agar sel-sel kulit mati mengelupas.

Manfaat petrolium jelly untuk kesehatan

Tidak hanya untuk kecantikan saja, manfaat petrolum jelly untuk kesehatan pun cukup banyak. Petrolium jelly bisa dijadikan pertolongan pertama untuk berbagai masalah kesehatan ringan seputar kulit, sepert berikut ini.

  1. Menyembuhkan luka kecil

Ketika kulit terluka, Anda bisa menggunakan petrolium jelly untuk mengobatinya. Akan tetapi, hal ini hanya berlaku untuk luka ringan seperti tersayat pisau atau tergores pinggiran kertas. Sebelum mengoleskan petrolium jelly, pastikan luka sudah dibersihkan dan kulit dalam keadaan kering agar tidak terjadi infeksi.

  • Melembapkan kulit kering

Masalah kulit yang sering ditemui adalah kulit berminyak atau kulit kering. Petrolium jelly bisa membantu mengatasi kulit kering karena kandungannya bisa melembapkan. Area yang kering biasanya bibir, siku, lutut, serta telapak tangan bagian luar.

  • Mencegah timbulnya ruam popok

Penggunaan popok pada bayi seringkali menimbulkan ruam sebab jarang diganti. Ruam juga bisa muncul jika bayi terlalu aktif bergerak sehingga gesekan popok pada kulit menjadi sangat intens. Untuk mencegah timbulnya ruam, oleskan petrolium jelly secara tipis dan merata.

  • Mengatasi iritasi ringan

Iritasi kulit ringan bisa terjadi umumnya karena kontaminasi zat kimia kemudian menimbulkan alergi tertentu. Detergen, tanaman, logam, serta banyak benda lain bisa menjadi pemicunya. Mengoleskan petrolium jelly bisa mebantu mengatasi iritasi ringan tersebut.

Manfaat petrolium jelly lainnya

Selain bermanfaat untuk kecantikan dan kesehatan, petrolium jelly juga memiliki manfaat dikeseharian, lho. Apa saja manfaat tersebut? Berikut ini ulasan lengkapnya.

  1. Membuat aroma parfum lebih tahan lama

Aroma parfum cepat memudar? Atasi dengan petrolium jelly. Oleskan petrolium jelly pada kulit yang akan disemprot parfum sebagai lapisan dasar. Dengan begitu, aroma parfum Anda akan lebih tahan lama..

  • Melindungi kuku dari cat kuku

Kuku yang sering dicat akan menjadi kurang sehat dan warnanya berubah jadi kecoklatan. Oleskan petrolium jelly secara rutin agar kuku senantiasa ternutrisi meski sering menggunakan cat kuk

  • Mengatasi rambut kering

Jika rambut Anda kering, petrolium jelly bisa digunakan untuk membantu mengatasi hal tersebut. Gunakan petrolium jelly pada bagian ujung  rambut. Jangan oleskan terlalu banyak, karena malah akan melukai rambut. Hal ini bertujuan melembabkan rambut dan membantu rambut tumbuh kembali dengan sehat.                Manfaat petrolium jelly sudah tidak perlu diragukan lagi. Anda pun tidak perlu khawatir, sebab petrolium jelly aman bagi kulit dan tubuh. Akan tetapi, gunakan petrolium jelly seperlunya saja. Penggunaan yang berlebihan dapat menimbulkan efek samping seperti iritasi. Jenis kulit tertentu juga bisa saja alergi atau tidak cocok menggunakan petolium jelly. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter kulit.  

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>